16 September 2020, 10:57 WIB

Pendukung Dortmund akan Ramaikan Laga Perdana Bundesliga


Akmal Fauzi | Sepak Bola

KLUB-KLUB Bundesliga dilaporkan telah mendapat lampu hijau untuk menyambut kembalinya para penonton ke stadion untuk memulai musim 2020/2021 pekan depan, di tengah pandemi covid-19.

Salah satu klub yang sudah menginfirmasi akan mengizinkan penonton hadi di stadion saat laga pembuka adalah Borussia Dortmund. Saat menjamu Borussia Monchengladbach di Signal Iduna Park, Sabtu (19/9), pendukung akan diizinkan hadir di stadion dalam jumlah terbatas.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua orang dalam politik yang berkontribusi pada keputusan ini dalam beberapa pekan terakhir. Pada saat yang sama, saya merasakan kewajiban besar bahwa kami sebagai klub, bersama dengan semua suporter yang terlibat, akan menjalankan masa percobaan ini dengan penuh tanggung jawab selama beberapa pekan ke depan,” kata pimpinan eksekutif Dortmund Hans-Joachim Watzke.

Baca juga: Kecintaan Fans Buat Aubameyang Putuskan Bertahan di Arsenal

“Lampu hijau untuk pembukaan sebagian dari kapasitas stadion ini adalah langkah yang sangat penting bagi semua penggemar sepak bola di Jerman,” lanjutnya.

Musim lalu, Dortmund finis sebagai runner-up Bundesliga di belakang Bayern Muenchen yang keluar sebagai juara, sedangkan Gladbach mengamankan posisi empat besar dan lolos ke Liga Champions.

Kompetisi musim 2019/2020 dilanjutkan tanpa penonton pada Mei karena pandemi Covid-19 yang sempat memaksa liga ditunda pada Maret lalu.

Di musim baru Bundesliga yang dijawalkan dimulai pada akhir pekan ini, lampu hijau diberikan suporter bisa datang ke stadion tidak melebihi batas 20% dari kapasitas. Sementara, protokol kesehatan yang ketat akan diterapkan selain juga melarang konsumsi alkohol.

Sementara itu, untuk penonton tandang tidak diberi izin untuk datang. Potensi untuk kembali melanjutkan kompetisi tanpa penonton bisa saja terjadi apabila tingkat penyebaran covid-19 di kota penyelenggara pertandingan terlalu tinggi selama periode tujuh hari.

Sementara itu, pendukung garis keras (Ultras) Borussia Monchengladbach menolak kesempatan mendukung tim secara langsung di stadion karena aturan protokol kesehatan yang harus diikuti seperti jaga jarak yang dinilai bisa merusak semangat mendukung tim.

Pertandingan kandang pertama mereka melawan Union Berlin dalam pertandingan Bundesliga pada 26 September.

“Karena itu, kami tidak akan menghadiri pertandingan mendatang sampai keadaan pra-Corona pulih ke tribun,” demikian bunyi pernyataan pendukung Monchengladbach. (Goal/Dailymail/OL-1)

BERITA TERKAIT