16 September 2020, 07:40 WIB

Anies Tunjuk Sri Haryati Jadi Sekda Sementara


Put/J-1 | Megapolitan

SEKRETARIS Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah tengah dirawat intensif akibat terpapar covid-19. Sebagai dampaknya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun menunjuk pengganti sementara untuk mengisi posisi sekda.

Dari dokumen yang diterima Media Indonesia, Anies menunjuk Asisten Sekda DKI Bidang Perekonomian dan Keuangan Sri Haryati untuk menjadi Pelaksana Harian (Plh) Sekda DKI.

Dalam dokumen surat perintah tugas bernomor 340/-082.74 itu Sri menjabat Plh Sekda DKI terhitung mulai 14 September 2020.

Tidak ada batasan waktu yang ditetapkan karena Sri menjadi Plh sampai Saefullah sebagai pejabat defi nitif bisa kembali aktif bertugas. Selama menjalankan tugas sebagai Plh, Sri tidak memiliki kewenangan untuk membuat atau mengambil keputusan yang bersifat strategis. Keputusan itu di antaranya penetapan atau perubahan rencana strategis dan rencana kerja.

Sri juga tidak berwenang memberhentikan, memindahkan, atau mengangkat pegawai terkecuali mendapat izin dari pejabat pembina kepegawaian (PPK).

Anies pun mengajak jajaran ASN di lingkungan Pemprov DKI untuk mendoakan ASN lainnya yang masih dirawat karena terpapar covid-19. “Saya ingin mengajak seluruh jajaran Pemprov DKI untuk mendoakan warga Jakarta yang saat ini sedang dirawat di rumah sakit, khususnya yang terpapar covid-19. Lebih khusus lagi, untuk mendoakan Pak Sekda, Bapak Saefullah yang saat ini sedang dalam perawatan intensif melawan covid-19,” kata Anies dalam pesan singkat.

Selain Sekda DKI, pejabat lainnya yang terpapar covid-19 ialah Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto. (Put/J-1)

BERITA TERKAIT