16 September 2020, 05:55 WIB

Baksos Teledentistry Universitas Airlangga


Media Indonesia | Humaniora

TANGGAL 12 September diperingati sebagai Hari Kesehatan Gigi Nasional. Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (Unair) dan Ikatan Alumni (IKA) menggelar bakti sosial akbar Teledentistry lewat media sosial Whatsapp, Instagram, Skype, Zoom, hingga Youtube.

M Canino Cahya, ketua pelaksana kegiatan, mengatakan Teledentistry dilaksanakan dalam rangka dentistry charity yang ke-11 tahun. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan secara luring di salah satu kota. Namun, mengingat situasi pandemi maka digelar secara daring. "Spesialnya, tahun ini berlangsung di 11 provinsi sekaligus, yang merupakan persebaran domisili panitia dentistry charity," ungkap Nino seperti dikutip dari laman Unair.

Selama baksos daring itu, mereka memberi konsultasi gratis dan panduan penanganan sementara kepada pasien. Apabila keadaan sudah parah, pasien disarankan segera berobat ke puskesmas setempat. "Karena pandemi, kami menekankan pada edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut," jelasnya.

Saat ini, kesehatan gigi dan mulut masih menjadi problematika serius karena minimnya edukasi dan pengetahuan masyarakat. Berdasar hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, proporsi terbesar (45,3%) permasalahan gigi di Indonesia ialah gigi rusak, berlubang, dan sakit. (RO/H-2)

BERITA TERKAIT