16 September 2020, 05:30 WIB

Diare Kronis? Waspadai Kanker Kolorektal


Wan/H-2 | Humaniora

KANKER kolorektal atau usus besar termasuk tiga jenis kanker yang sering terjadi. Dari penelitian epidemiologi diketahui bahwa usia pengidap kanker kolorektal di Indonesia lebih muda jika dibandingkan dengan di negara maju.

"Lebih dari 30% kasus terjadi di usia 40 tahun dan bisa lebih muda dari itu, padahal masuk usia produktif," ungkap Sekretaris Jenderal Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Digestif Indonesia (IKABDI), dr Abdul Hamid Rochanan SpB-KBD MKes, saat diskusi di IG Live @CISC, Sabtu (12/9).

Pada kanker kolorektal, sel kanker tumbuh di sekitar rektum, yaitu bagian akhir usus besar menjelang anus yang menjadi tempat penyimpanan feses (tinja), atau pada bagain usus besar lainnya.

Hamid menjelaskan kanker usus besar dibedakan pada usus besar sebelah kanan dan sebelah kiri. Di sebelah kanan ditandai dengan terganggunya penyerapan oleh pencernaan. "Gejala yang dialami cenderung diare kronis tidak berhenti dibarengi keluarnya darah dari anus," tuturnya.

Jika kanker kolorektal terjadi di usus sebelah kiri, keluhan yang mungkin terjadi ialah perut kembung, sulit buang air besar (BAB), dan pendarahan segar.

Menurut Abdul, sebagian besar pasien datang dalam stadium lanjut sehingga angka harapan hidupnya pun rendah. Prognosis untuk pasien kanker usus besar stadium metastatik masih buruk, dengan angka kelangsungan hidup 5 tahun hanya 13%.

Dalam kondisi pandemi covid-19 seperti sekarang ini, ia pun mengingatkan, sangat penting untuk mengenali gejala kanker usus besar sebab tindakan operasi tidak semudah itu dilakukan.

"Harus benar-benar segera ditangani. Contohnya kanker yang besar, yang mana ususnya sudah tersumbat, kanker dengan pendarahan, yang tidak ada pilihan lagi para dokter harus mengambil tindakan," jelasnya.

Pasien diminta tetap melakukan komunikasi dengan dokter yang merawat dan disiplin mengikuti rekomendasi dokter. Hamid juga berpesan agar tetap menjaga pikiran. "Berdoa, positive thinking, dan selalu berkarya," pungkasnya. (Wan/H-2)

BERITA TERKAIT