15 September 2020, 23:45 WIB

Senator Aceh: RUU Perlindungan Tokoh Agama Kian Urgen Dibahas


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

WAKIL Ketua Komite III DPD RI Fadhil Rahmi mengatakan, RUU Perlindungan Tokoh Agama yang masuk Prolegnas DPR RI pada 2020 harus segera dibahas untuk kemudian disahkan.

Hal ini merujuk pada kejadian yang menimpa Syekh Ali Jaber sehingga momentum agar RUU perlindungan tokoh agama untuk segera dibahas. Apalagi RUU tersebut sudah masuk Prolegnas Prioritas 2020.

"Sebagai wakil ketua komite III yang membidangi agama saya meminta pemerintah dan Dewan untuk segera melakukan pembahasan RUU tersebut karena kondisi mendesak dan urgen," kata senator muda asal Aceh itu, Selasa (15/9).

Baca juga : Kemenag Kecam Insiden Penusukan Syekh Ali Jaber

Menurutnya, RUU iitu menjadi harapan agar tokoh tokoh agama terlindungi. Apalagi kasus serupa yang menimpa Syekh Ali Jaber berpotensi terulang lagi di masa depan.

Diketahui, sejak diusulkan pada 17 Desember 2019, RUU Perlindungan Ulama atau RUU tentang Perlindungan Tokoh Agama dan Simbol Agama (RUU tentang Perlindungan Kyai dan Guru Ngaji) diusulkan oleh PKS, PKB dan PPP.

"Kita tak perlu menunggu korban baru, kemudian baru tersentak. Ini harus segera dibahas. Kami dari Komite III DPD RI mendorong RUU Perlindungan Tokoh Agama segera dibahas dan ditetapkan menjadi undang-undang," pungkas mantan Ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh itu. (OL-7)

BERITA TERKAIT