15 September 2020, 22:58 WIB

6.800 Personel Keamanan Diterjunkan Amankan PSBB Jilid II


Rahmatul Fajri/Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

KEPALA Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan sebanyak 6.800 personel gabungan yang terdiri dari unsur TNI-Polri dan pemerintah daerah diterjunkan untuk memantau jalannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid II di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek).

"Total personel gabungan yang diterjunkan sebanyak 6.800 personel," kata Yusri, kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (15/9).

Yusri mengatakan 6.800 personel itu terdiri dari personel TNI-Polri dan perangkat pemerintah daerah, yakni Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

"6.800 personel itu terdiri dari 700 dari pemda, 50 jaksa, 50 pengadilan, 3.000 TNI dan 3.000 Polri," ungkap Yusri.

Baca juga : Selama PSBB, Satpol PP Fokuskan Pengawasan Pada 4 Objek Ini

Lebih jauh Yusri mengatakan jumlah personel itu dirumuskan dari hasil rapat koordinasi antara pihak terkait kemarin.

Dari hasil rapat itu selain menentukan jumlah personel pihaknya juga membagi satuan satuan tugas kecil yang nantinya akan bertugas memantau protokol kesehatan hingga wilayah terkecil. Satgas itu bertugas melakukan patroli hingga merazia atau sidak di tempat-tempat keramaian. Selain itu, juga mengimbau dan menindak masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan, seperti covid-19.

"Hasil rapat kemarin kita membentuk satgas-satgas baik di tingkat provinsi isinya sama, TNI-Polri, pemda, kejaksaan, satuan tugas untuk melakukan Yustisi penindakan masyarakat dasarnya Pergub 79 tentang disiplin," kata Yusri. (OL-7)

BERITA TERKAIT