15 September 2020, 22:40 WIB

1000 Ekor Sidat di Tebar UBL di Danau Malingping Lebak


Syarief Oebaidillah | Humaniora

SEBANYAK 1000 ekor ikan sidat (anguilla spp) ditebar tim Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta di Danau Talanca, Desa Cilangkahan, Kecamatan Malingping, Lebak, kemarin.

Program penebaran (prestocking) sidat itu bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lebak, Camat Malingping, Pemerintah Desa setempat dan mitra pembudidaya Sidat Banten.

Ketua Tim UBL, Wiwin Windihastuty mengatakan, tujuan dari kegiatan restocking sidat ini untuk mendorong perkembangbiakan sidat di wilayah Lebak Selatan.

Program penebaran sidat ini dilakukan untuk mengembalikan eksistensi sidat di sungai-sungai besar di Jawa Barat yang kini stoknya semakin menipis.

“Semoga semua menjadi lebih baik di alam liar, berkah buat bumi dan kita,’’ tambah ketua Yayasan Budi Luhur, Kasih Hanggoro.

Sementara itu, Staf Dinas Kelautan dan Perikanan Lebak, Akhmad Hadi, mengatakan, keberadaan sidat di wilayah Lebak ini kualitasnya cukup bagus dibanding sidat dari daerah lain.

Baca juga : Upaya Pencegahan Masif Turunkan Kejadian Karhutla

Dia berharap kegiatan restocking seperti ini lebih sering lagi dilakukan, terlebih di wilayah ini masih banyak sungai yang cukup bagus untuk menjadi habitat sidat.

“Kalau bisa dua tahun sekali, di kita kan masih banyak sungai, seperti cihara, cisiih, cimadur, cibareno dan lain-lain,” kata Hadi.

Sedangkan Camat Malingping, Cece Saputra, mewanti-wanti agar senantiasa menjaga ruang hidup atau habitat air. Selama ini, kata Cece, pihaknya juga senantiasa melakukan kegiatan yang berkaitan dengan isu lingkungan.

“Sehingga dengan kegiatan restocking ini, kedepan keberadaan sidat ini terus berkembangbiak,” katanya.

Konservasi sidat untuk menjaga keseimbangan alam, dilakukan oleh UBL secara partisipatif merupakan salah satu Program CSR Universitas Budi Luhur yang berkomitmen dalam menjalankan proses belajar dan mengajar dengan terus memperhatikan dan menjaga kelestarian alam. (RO/OL-2)

 

BERITA TERKAIT