15 September 2020, 19:34 WIB

Jaga Ketahanan Pangan, Sembapur Perluas Kerja Sama


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

DAMPAK Covid-19 ikut dirasakan oleh rantai pasok global, salah satu ancamannya terkait dengan ketahanan pangan. Hal itu karena produsen pangan dunia cenderung menahan ekspornya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Ancaman ketahanan pangan pun jadi perhatian semua pihak, termasuk kalangan swasta. Salah satu solusinya ialah dengan melebarkan kolaborasi untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri. Salah satu yang melakukannya ialah Sembapur, platform penyediaan bahan pangan yang digarap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Un.

Setelah sebelumnya menjalin kerja sama dengan PT. Food Station, kini Sembapur memperluas kategori kebutuhan pangan yang disediakannya lewat kerja sama dengan perusahaan distributor dan penjualan produk makanan olahan khususnya daging sapi baik dalam kondisi segar dingin (chilled) maupun beku (frozen), KIBIF. 

Kerja sama yang ditandai lewat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pada Selasa (15/9) itu diharapkan Sandiaga, akan memudahkan masyarakat mengakses daging berkualitas dengan harga terjangkau dalam memenuhi kebutuhan pangannya.

Baca juga : Informasi Melimpah, Narji Cagur tak Ragu Jadi Petani

"Saya meggagas startup Sembapur agar jadi salah satu bukti kepedulian untuk masyarakat yang kurang mampu, sekaligus mendorong kelahiran pengusaha makanan, yang bisa menjadi salah satu solusi kebangkitan ekonomi bangsa," kata Sandiaga di sela penandatangan MoU secara virtual, Selasa (15/9).

Sandiaga menjelaskan, melalui rangkaian kerja sama yang dilakukan Sembapur, diharapkan bisa membantu menjaga ketahanan pangan Tanah Air melalui pemetaan food estate di sejumlah wilayah.

"Kami memberi akses, kemudahan, pendampingan dan kompetisi harga supaya bisnis tersebut bisa bertumbuh lalu jadi solusi berlangsungnya bisnis dan berkontribusi bagi perekonomian," tegasnya. 

Saat ini, Sembapur baru tersedia di wilayah Jabodetabek. Namun, perusahaan rintisan itu rencananya akan melebarkan sayap ke Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur dalam waktu dekat. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT