15 September 2020, 18:25 WIB

DKI Siapkan Lokasi Alternatif untuk Pasien Isolasi Mandiri


Selamat Saragih | Megapolitan

KEPALA Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta, Widyastuti, mengatakan, Pemprov DKI dan Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 berkoordinasi dalam menyiapkan lokasi alternatif bagi pasien isolasi mandiri.

Saat ini, dua tower di RS Darurat Wisma Atlet juga akan digunakan sebagai lokasi isolasi.

"Satgas menyiapkan ruang isolasi mandiri di tower lima dan empat. Namun yang sudah siap di tower lima. Satu tower 2.000 tempat tidur. Tapi yang sudah siap baru satu tower," kata Widyastuti, di Jakarta, Selasa (15/9).

Widya menambahkan, terdapat ribuan pasien positif Covid-19 yang tidak memiliki gejala di Jakarta. Sehingga untuk memasukkan semua pasien gejala ringan dan tanpa gejala perlu banyak bed.

"Saat ini Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tengah mempersiapkan sejumlah lokasi alternatif untuk isolasi mandiri selain RS Darurat Wisma Atlet," katanya.

Pemprov DKI Jakarta, lanjut Widya, memiliki data harian kasus aktif sekitar 11.000. Dari jumlah itu pasien yang tidak punya gejala dan gejala ringan mencapai 50 persen.

"Yang asitomatik (pasien tanpa gejala) sekitar 50 persen ya," ujarnya.

Data positif Covid-19 per Senin (14/9), total kasus aktif positif di Jakarta total 12.161 orang. Sebanyak 4.631 orang dirawat di rumah sakit dan 7.530 orang diisolasi mandiri. (OL-4)

BERITA TERKAIT