15 September 2020, 18:05 WIB

Erick Thohir Klaim Kimia Farma Sudah Bisa Produksi Avigan


Insi Nantika Jelita | Humaniora

MENTERI BUMN Erick Thohir mengungkapkan, PT Kimia Farma sudah bisa memproduksi Avigan. Obat flu favipiravir tersebut diberikan kepada pasien covid-19 dan selama ini diimpor dari Jepang.

"Alhamdulillah Kimia Farma sudah bisa memproduksi Avigan yang selama ini impor. Kita sudah bisa buat sendiri," ujar Erick dalam webinar Kementrian Perhubungan, Jakarta, Selasa (15/9).

Ketua Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menegaskan dengan pencapaian perusahaan BUMN tersebut, maka Indonesia tidak perlu lagi impor Avigan lagi.

"Kita tidak mau terus bergantung kepada bahan baku impor. Kami juga terus melanjutkan bagaimana riset-riset kepada (obat) herbal yang bisa membantu," terang Erick.

Perusahan BUMN dibidang farmasi lainnya, sebut Erick, juga tengah berlomba melakukan riset obat herbal yang dapat membantu penyembuhan pasien Covid-19.

"Kita terus lanjutkan riset-riset kepada herbal yang bisa membantu. Indofarma bakal fokus herbal, Kimia Farma untuk Kimia," tukas Erick.

Selain itu, ia juga menegaskan, pihaknya telah mengirim ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memastikan kehalalan vaksin tersebut.

"Kita pastikan vaksin ini halal dan sesuai standar. Kita kirim juga ke BPOM dan ke China pada Oktober ini bersama MUI," pungkas Erick. (OL-4)

BERITA TERKAIT