15 September 2020, 17:15 WIB

Wisma Karantina Penuh, Babel Pinjam Asrama Haji


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

Wisma karantina di BKPSDM untuk menampung pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Provinsi Bangka Belitung (Babel) penuh. Hal ini disebabkan jumlah pasien terkonfirmasi positif yang terus bertambah.

Untuk menampung pasien terkonfirmasi positif, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) terpaksa harus meminjam asrama haji.

Gubernur Provinsi Babel Erzaldi Rosman Djohan mengatakan meningkatnya jumlah pasien covid-19 di Babel saat ini disebabkan masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Baca juga: Pemkab Cianjur Lakukan Pengetatan di Wilayah Perbatasan

"Saya akui, disiplin masyarakat kita terapkan protokol kesehatan ini masih lemah, terutama yang menggunakan masker dan jaga jarak, dampaknya jumlah pasien positif pun bertambah,"kata Erzaldi usai meresmikan Samsat definitif di Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (15/9).

Sehingga, lanjut Erzaldi, wisma BKPSD yang disediakan Pemprov Babel untuk isolasi para pasien positif penuh. "Wisma karantina kita di BKPSD saat ini sudah penuh, sekarang kita pinjam asrama haji, asrama haji juga saat  saya kunjung sudah terisi enam pasien, dan ini jumlahnya akan terus bertambah, seiring bertambanya pasien positif," ungkap dia.

Untuk itu, dirinya meminta kepada masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. "Kalau masyarakat disiplin saya yakin, 
kita akan kembali ke zona hijau dalam kurun waktu yang tidak lama," imbuh dia.

Ia menambahkan, hingga saat ini jumlah pasien positif covid-19 di Babel sudah mencapai 283 orang dengan jumlah pasien sembuh 239 orang sedangkan meninggal 3 orang.

"Tidak menutup kemungkinan pasien positif kita bisa menyentuh angka 300 orang, jika masyarakat terus mengabaikan prokes covid-19," ucap Erzaldi. (H-3)

BERITA TERKAIT