15 September 2020, 17:10 WIB

Wapres: Masih Ada Ego Sektoral dalam Penanganan Pandemi


Emir Chairullah | Politik dan Hukum

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin menyoroti kinerja aparat sipil negara (ASN) dalam penanganan pandemi covid-19. Saat ini masih terjadi ego sektoral yang menyebabkan lambannya eksekusi kebijakan dalam penanganan pandemi.

“Kerja barengnya belum kelihatan. Masih terjadi tarik-menarik. Sehingga banyak keterlambatan,” katanya saat menerima Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) melalui video conference, hari ini.

Lebih lanjut Ma’ruf mengakui, ada beberapa persoalan lain dalam birokrasi yang menyebabkan pelambatan ekskusi kebijakan pemerintah. Ia mencontohkan lemahnya data, kewenangan yang tumpang tindih, dan prosedur yang kurang mendukung percepatan eksekusi saat menangani pandemi.

“Soal data misalnya. Datanya masih banyak kabut. Nggak jelas,” ungkapnya.

Ia berharap KASN bisa mencari solusi untuk mengatasi problem birokrasi yang terlah menahun tersebut. “Prinsipnya saya akan mendukung perbaikan-perbaikan tersebut,” ujarnya.

Terkait dengan isu ASN dan Pilkada, Ma’ruf mengingatkan agar ASN menjaga netralitasnya dalam Pilkada 2020 maupun Pilpres. “(Ketidaknetralan) ini kayaknya penyakit yang belum sembuh,” pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT