15 September 2020, 15:17 WIB

Dampingi Gubernur Sidak, Kasatpol PP DKI: Masyarakat Relatif Patuh


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di hari pertama PSBB pengetatan pada Senin (14/9) malam. Ia turut didampingi oleh Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin.

Dalam kesempatan itu, Anies mengunjungi beberapa kawasan di antaranya kawasan perkantoran dan perniagaan di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat serta ke kawasan Jalan HR. Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Anies sempat berkunjung ke restoran cepat saji di Plaza Festival. Arifin mengatakan, sejauh ini hasil pemantauan langsung menunjukkan kawasan-kawasan itu cukup tertib dan tidak ada warga yang berkerumun.

"Ya kemarin kita lakukan pemantauan sepanjang jalan mulai dari Balai Kota terus menuju Thamrin, kemudian arah ke Kuningan untuk kemudian melihat situasi jalan-jalan yang ada, juga suasananya lenggang. Kerumunan-kerumunan juga nampaknya terkendali, tidak terlihat kerumuman-kerumunan yang terjadi sepanjang jalan," kata Arifin di Balai Kota, Selasa (15/9).

Baca juga: Hari Pertama PSBB Jilid II, 221 Warga Langgar Protokol Kesehatan

Ketika menuju kawasan Plaza Festival itu, Arifin menyebut seluruh restoran dan rumah makan sudah tidak melayani pesanan makan di tempat sesuai dengan protokol kesehatan dalam Pergub No 88 tahun 2020.

"Ini contoh baik, artinya semua tempat yang kita lihat kemarin semuanya patuh terhadap protokol kesehatan. Restoran, rumah-rumah makan, kafe dan semacamnya itu tidak ada yang aktivitasnya makan di tempat. Tidak ada. Semua dilakukan dengan take away, daring. Karena yang ada kebanyakan tukang ojek yang antarjemput itu pesan makanan," tuturnya.

Untuk tempat-tempat usaha lainnya pun juga telah menjalankan protokol kesehatan seperti pemeriksaan suhu tubuh, penyediaan tempat cuci tangan atau hand sanitizer.

"Kemudian juga tempat yang penjualan di luar makan minum juga memperhatikan protokol kesehatannya, ada pemeriksaan suhu tubuh. Nah, ini hal-hal baik ini mudah-mudahan bisa terus menerus kita jaga kita pertahankan. Tempat-tempat yang lain juga kita harapkan demikian," terangnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT