15 September 2020, 15:02 WIB

Erick: Masyarakat Lebih Suka Menghamburkan Uang di Luar Negeri


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI BUMN Erick Thohir berpendapat masyarakat cenderung menghamburkan uang ke luar negeri. Menurutnya, banyak warga yang memilih bepergian atau berwisata ke luar negeri.

"Kita kerap menghamburkan uang ke luar negeri. Itu yang diuntungkan orang lain. Kenapa kita tidak bantu turis lokal?" pungkas Erick dalam seminar virtual, Selasa (15/9).

Erick pun meminta masyarakat untuk mendukung pembangunan sektor pariwisata di Tanah Air. Sebelum pandemi covid-19, lanjut dia, lebih banyak dilakukan transaksi local.

Baca juga: Kalau Mau ke Bali saat Pandemi Covid, Ini Syaratnya

"Kita harus bangun turis lokal yang ada. Data sebelum covid-19 (menyebutkan) 90% transaksi adalah lokal," imbuhnya yang juga menjabat Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Saat ini, pemerintah tengah membangun Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di berbagai wilayah. Seperti, Mandalika yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat (NTB), kemudian Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kawasan itu dikembangkan untuk destinasi wisata skala internasional.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun menggarap sejumlah infrastruktur untuk mendukung pengembangan KSPN. Seperti di Labuan Bajo, NTT.

Baca juga: Pulihkan Sektor Pariwisata, Pemerintah Siapkan Enam Strategi

"Tahun ini, kementerian telah mengalokasikan anggaran pembangunan infrastruktur untuk KSPN Labuan Bajo sebesar Rp1,3 triliun, atau lebih besar dari 2019 sebesar Rp83,2 miliar," jelas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi.

Kementerian PUPR turut membuat program terpadu untuk pengembangan KSPN Labuan Bajo. Mulai dari peningkatan kualitas layanan jalan dan jembatan, penyediaan sumber daya air, hingga permukiman.(OL-11)

BERITA TERKAIT