15 September 2020, 14:35 WIB

Pengusaha Mal: Pengunjung Baru 35%, Eh Ada PSBB Lagi


Thomas Harming Suwarta | Humaniora

DENGAN diberlakukannya kembali PSBB di Jakarta, asosiasi pengelola tempat perbelanjaan memastikan akan lebih memperketat pemberlakuan protokol kesehatan baik bagi pengunjung maupun karyawan.

Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja DKI Jakarta Ellen Hidayat dalam perbincangannya dengan jurnalis media indonesia dalam program Journalist on Duty yang disiarkan melalui Instagram Live @mediaindonesia, Senin (14/9) malam. 

Baca juga: Wapres: Hanya 10% Penduduk Mengenyam Pendidikan Tinggi

"Meskipun ini sempat mengagetkan karena mendadak juga tetapi sudah diputuskan dan ya kita sambut kebijakan ini bahwa mal masih bisa buka meski untuk resto atau cafe tidak boleh dine in, dan kami pastikan akan lebih memperketat lagi pemberlakuan protokol baik bagi pengunjung maupun yang bekerja," kata Ellen.

Dia mengakui pihaknya menjadi kelompok yang sangat dirugikan karena selama ini mereka sudah memastikan protokol itu djalankan dengan sangat ketat. 

"Toh kita sama-sama tahu bahwa mal kan bukan klaster penyebaran. Jadi kami sebenarnya berhak protes kenapa kami malah jadi kena imbas dari perilaku masyarakat atau jiga dunia usaha di luar pusat belanja yang mengabaikan protokol selama ini. Ibarat nila setitik rusak susu sebelanga. Ini yang kami rasakan," ungkapnya.

Diakui Ellen, sejak pandemi, mal atau pusat-pusat perbelanjaan mengalami situasi sulit dan mencoba berangsur-angsur pulih sejak pemberlakuan new normal. 

"Kalau mau dibilang babak belur ya babak belur. Dan kemaren kita baru saja mulai bergerak hingga 35% eh malah kena PSBB lagi yang pasti akan melorot lagi dengan kebijakan tidak boleh dine in untuk resto dan cafe," kata Ellen.

Baca juga: Erick Jamin Vaksin Covid-19 Halal untuk Masyarakat

Dijelaskan dia, dengan masih beroperasi, maka seluruh fasilitas mal akan berfungsi 100% seperti parkir, pengamanan, ac hingga petugas kebersihan. 

"Jadi cost yang dikeluarkan pengelola ya tetap 100%. Jadi memang berat juga," tukas Ellen yang meminta juga kepada masyarakat agar sama-sama saling bekerja sama menjaga kedisiplinan menjalankan protokol sehingga hidup masyarakat juga normal kembali.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

1. Ketua DPD APPBI DKI Ellen Hidayat @ellenhidayat 2. Pegiat media sosial Daniel Giovanni @qronoz Host: @irvans1981

A post shared by Media Indonesia (@mediaindonesia) on

(OL-6)

BERITA TERKAIT