15 September 2020, 13:33 WIB

BWF Tunda Kejuaraan Piala Thomas dan Uber 2020


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

FEDERASI Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengumumkan ajang bergengsi perebutan supremasi Piala Thomas dan Uber 2020 yang direncanakan digelar pada 3-11 Oktober di Aarhus Denmark, resmi ditunda.

Dilansir dari laman resmi BWF, keputusan tersebut diambil setelah adanya penarikan sejumlah negara yang berpartisipasi pada kejuaraan tersebut.

"Setelah berkonsultasi penuh dengan tuan rumah Denmark, BWF telah membuat keputusan sulit untuk menunda final Piala Thomas dan Uber 2020 di Aarhus, Denmark," demikian keterangan resmi BWF.

Dikatakannya, BWF bersama dengan Badminton Denmark sejatinya telah berbulan-bulan mempersiapkan diri untuk dapat kembali menggelar turnamen bulu tangkis internasional, setelah sejumlah turnamen batal digelar akibat pandemi covid-19.

Termasuk berusaha keras untuk menjaga kesehatan dan keselamatan semua peserta, seperti menerapkan sistem gelembung untuk menciptakan ekosistem bulu tangkis yang aman.

Baca juga: Sejumlah Negara Mundur, Penyelenggaraan Thomas & Uber Diragukan

Namun, mengingat perkembangan pandemi covid-19 di seluruh dunia diikuti dengan sejumlah tim dan pemain individu yang memilih untuk tidak melakukan perjalanan ke Denmark. Merupakan sebuah pilihan yang harus dihormati oleh BWF.

Setidaknya ada enam negara yang memutuskan menarik diri dari kejuaraan tersebut, yakni Indonesia, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Australia, dan Rusia.

Karenanya, BWF saat ini sedang mencari tanggal alternatif untuk menjadwalkan ulang turnamen tersebut. Diharapkan bisa digelar sebelum 2021.

Kendati Piala Thomas dan Uber 2020 ditunda, turnamen Denmark Open 2020 di Odense akan tetap berjalan sesuai jadwal yakni pada 13-18 Oktober. Turnamen tersebut nantinya akan digunakan sebagai kesempatan BWF untuk mengimplementasi protokol kesehatan covid-19 dalam memulai kembali turnamen bulu tangkis internasional.

BWF saat ini juga terus mengkaji terkait nasib kelanjutan tiga turnamen World Tour di Asia, termasuk BWF World Finals. BWF akan mengumumkan hal itu lebih lanjut.(BWF/OL-5)

BERITA TERKAIT