15 September 2020, 11:45 WIB

321 Pedagang Pasar di DKI Positif Covid-19


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Hingga saat ini sebanyak 321 pedagang pasar di Jakarta dilaporkan terpapar covid-19. Menurut data Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) jumlah tersebut tersebar di 51 pasar.

"Jakarta masih yang tertinggi secara nasional jumlah pedagang yang terpapar covid-19. Ada 321 pedagang di 51 pasar. Satu orang di antaranya meninggal dunia," kata Ketua Umum DPP Ikappi Abdullah Mansuri dalam keterangan resminya, Selasa (15/9).

Total di seluruh Indonesia, menurut data Ikappi, ada 1.344 pedagang pasar yang terpapar covid-19. Jumlah ini tersebar di 239 pasar di 96 kabupaten dan 27 provinsi. Sebanyak 47 kasus pedagang konfirmasi positif covid-19 di antaranya meninggal dunia.

Baca juga: Dinas PPUMKM Berintegrasi dengan Satpol PP Awasi UMKM

"Data ini merupakan pukulan berat bagi kami di saat kami sedang mengalami tekanan daya beli masyarakat yang menurun secara terus-menerus," ujar Abdullah.

Akibat pandemi covid-19, daya beli masyarakat menurun. Bahkan dalam sepekan terakhir Ikappi mencatat ada penurunan omset pedagang hingga 60% sampai 70%. Namun, Abdullah menegaskan pihaknya harus terus bertahan dalam kondisi berat ini.

"Saat ini kami sedang melakukan sosialiasi dengan pola edukasi yang persuasif, bukan menakut-nakuti kepada anggota kami pedagang pasar. Edukasi yang akan menekankan kepada apa keuntungan dan kerugian pelaksanaan protokol kesehatan. Misalnya kalau sampai pasar tutup karena ada yang positif siapa yang rugi? Atau kalau sampai harus isolasi 2 minggu tidak bisa jualan, siapa yang rugi?" tandasnya. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT