15 September 2020, 10:40 WIB

Kantor Bawaslu Halmahera Selatan Dirusak Orang Tidak Dikenal


Hijrah Ibrahim | Nusantara

MENJELANG penetapan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati, Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara dirusaki orang tak dikenal. Perusakan ini terjadi Senin 14 September dini hari.

Koordinator Hukum Pengawasan dan Penindakan (HPP) Bawaslu Halmahera Selatan, Asman Jamil mengatakan fasilitas kantor yang dirusak adalah salah satu jendela di ruang kerjanya.

"Kaca jendela di ruang saya dipecah," ungkap Asman kepada wartawan Senin (14/9).

Selain itu, Ketua Bawaslu Halmahera Selatan Kahar Yasim mengaku baru mengetahui kejadian tersebut dari stafnya melalui pesan whatsApp sekitar pukul 08.00 WIT.

"Ada staf yang whatsApp ke saya. Saya masuk kantor jam 8 lewat," kata Kahar.

baca juga: Dua Petahana Gagal Maju di Demak

Dari hasil penyelidikan tidak ada barang yang hilang. Peristiwa pengrusakan tersebut sudah dilaporkan ke Polres Halmahera Selatan untuk mengungkap siapa pelaku pengrusakan kantor Bawaslu.  

"Kami masi menunggu penyelidik dari pihak kepolisian. Kami serahkan semua ke polisi untuk usut tuntas kejadian ini dan siapa pelakunya. Kami tidak curiga kepada siapa pun," harap Kahar.

Pascapengrusakan aktivitas di Bawaslu Halmahera Timur tetap berjalan normal. Bawaslu Halmahera Timur akan menyurati Polres setempat agar menempatkan aparatnya untuk mengamankan kantor Bawaslu. Kapolres Halmahera Selatan M Irvan mengaku  sudah menerima laporan Bawaslu, dan petugas sudah melakukan pemeriksaan tempat kejadian perkara serta mengusut pengrusakan kantor Bawaslu tersebut.(OL-3)

BERITA TERKAIT