15 September 2020, 09:50 WIB

Gubernur Erzaldi : Program KUR Dapat Jadi Solusi di Masa Pandemi


mediaindonesia.com | Nusantara

GUBERNUR Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman terus dorong kemampuan produksi bidang pertanian masyarakat di Bangka Belitung. Pada masa pandemi ini, fasilitas KUR (Kredit Usaha Rakyat) menjadi program anjuran untuk dimanfaatkan.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Erzaldi saat menyampaikan bantuan bidang pertanian kepada masyarakat Kabupaten Bangka Tengah di Desa Katis, Kecamatan Simpang Katis, Senin (14/9/20). 

Perwakilan BNI Cabang Koba yang hadir dalam pertemuan ini menjelaskan bahwa BNI sebagai salah satu bank BUMN diperintahkan oleh negara untuk menyalurkan KUR. KUR adalah kredit dari pemerintah dengan bunga ringan yang hanya enam persen pertahun. 

KUR sudah ada sejak tiga tahun lalu. Program itu cukup bermanfaat baik bagi masyarakat dan dilanjutkan hingga saat ini untuk usaha apa saja, mulai dari perdagangan, pertanian, perkebunan, dan sebagainya. 

Khusus pertanian, BNI miliki program KUR tani yang memang fokus pada pertanian bahkan kredit yang diberikan disesuaikan dengan siklus garapan taninya. Sebagai contoh, pelunasan kreditnya dapat dilakukan sesuai masa panen komoditinya. 

“Besaran kreditnya mulai dari satu hingga 25 juta,“ ungkap perwakilan BNI, Ari Stevani. “Persyaratan KTP/KK, lolos cek BI, sertifikat/tanah sebagai agunan jika melebihi 100 juta dan lolos uji kelompok tani dari dinas pertanian setempat,” tambahnya. 

BNI terbuka untuk konsultasi dan bertanya, karena baik pemerintah maupun pihak perbankan mempermudah peminjaman untuk mendukung usaha masyarakat. 

“Saya senang bisa hadir untuk bertemu masyarakat hari ini, selain untuk menyampaikan bantuan, menyampaikan informasi tentang KUR sebagai program pemerintah pusat. Ini sangat penting bagi saya,” ungkap Gubernur Erzaldi. 

“Jangan takut untuk ikut dalam program ini, penggunaan KUR harus digunakan untuk penggemukan bagi peternak sapi. Demikian pula bagi pengelola pertanian dan perkebunan,” tegasnya. 

Gubernur Erzaldi ingin masyarakat menyadari pentingnya memperbesar usaha, tidak terlalu banyak lagi mengharap sistem bantuan dari pemerintah yang sudah mulai bertransisi saat ini.

Solusinya, menurut Gubernur Erzaldi, salah satunya adalah pembiayaan bank, seperti KUR yang saat ini digelontorkan besar-besaran oleh pemerintah. 

Lebih lanjut Gubernur Erzaldi meyakinkan, KUR miliki sistem berbunga dan tidak, selain yang beragunan juga ada yang tidak beragunan.
“Masyarakat dapat memilih sesuai kebutuhan dan kemampuan masing-masing,” jelasnya. (OL-09)
 

BERITA TERKAIT