15 September 2020, 07:23 WIB

UEA Setujui Vaksin Covid-19 untuk Petugas Kesehatan


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

UNI Emirat Arab, Senin (14/9) memberikan persetujuan darurat bagi petugas kesehatan untuk menggunakan vaksin covid-19 yang saat ini sedang dalam pengujian fase ketiga.
Menteri Kesehatan Abdulrahman Al-Owais mengatakan vaksin itu akan tersedia untuk pahlawan garis pertahanan pertama, yang paling berisiko tertular covid-19, melindungi mereka dari bahaya apa pun yang mungkin mereka hadapi karena sifat pekerjaan mereka.

"Penggunaan darurat vaksin ini sepenuhnya sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang memungkinkan peninjauan ulang yang lebih cepat terhadap prosedur perizinan," tambahnya.

Vaksin tersebut merupakan satu dari 26 vaksin di dunia yang telah mencapai tahap uji coba pada manusia. Vaksin dikembangkan oleh perusahaan farmasi yang berbasis di Tiongkok, Sinopharmin. UEA dipilih untuk tahap ketiga pengujian manusia, dengan uji coba dimulai pada Juli bersama dengan perusahaan G42 Healthcare yang berbasis di Abu Dhabi dan pemerintah Abu Dhabi.

baca juga: Uji Vaksin Covid-19 Sputnik V, Rusia Rekrut 55 Ribu Relawan

Al-Owais mengatakan, hasil dari tahap akhir uji coba tahap ketiga menunjukkan vaksin itu aman, efektif dan menghasilkan respons yang kuat melalui pembentukan antibodi melawan virus. Pengumuman itu muncul di tengah lonjakan kasus covid-19 baru di UEA, yang melaporkan 1.007 kasus pada Sabtu, tertinggi sejak dimulainya pandemi. Tercatat 777 kasus baru pada Senin (14/9). (Arab News/OL-3)
 

BERITA TERKAIT