14 September 2020, 22:22 WIB

Paus Fransiskus dalam Pemantauan Tanda-tanda Covid-19


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

PAUS Fransiskus sedang dalam pemantauan konstan untuk tanda-tanda terjangkit virus korona baru (covid-19). Demikian dikatakan seorang pejabat tinggi Vatikan, Senin (14/9). Langkah itu datang setelah pemimpin umat Katolik sedunia berusia 83 tahun bertemu dengan seorang kardinal yang kemudian dinyatakan positif.

Kardinal Filipina Luis Antonio Tagle, 63, melakukan audiensi pribadi dengan Fransiskus pada 29 Agustus lalu. Ia kemudian dinyatakan positif covid-19 sekembalinya ke Manila pada 10 September.

Baca juga: Paus Fransiskus Sedih Hagia Sophia kembali Jadi Masjid

"Kami bersikap hati-hati," kata Menteri Luar Negeri Pietro Parolin kepada kantor berita ANSA.

"Tidak ada peringatan khusus (di Vatikan)", tetapi kesehatan pemimpin 1,2 miliar umat Katolik dunia terus dipantau,” tambahnya.

Paus Fransiskus, yang bernama lahir Jorge Bergoglio, tidak menunjukkan rasa takut akan kesehatannya sendiri sejak merebaknya pandemi covid-19 awal tahun ini.

Paus berbicara kepada mereka yang mengunjunginya di Istana Apostolik tanpa memakai masker. Minggu lalu dia terlihat mengenakannya untuk pertama kalinya sejak dimulainya pandemi, tetapi dia melepaskannya untuk mengobrol dengan umat.

Baca juga: Paus Fransiskus Serukan soal Kesetaraan Akses Vaksin Covid-19

Namun, dia menghindari praktik biasa berjabat tangan dan mencium bayi, dan menggunakan pembersih tangan yang diserahkan kepadanya oleh asisten pribadi.

Paus dites covid-19 pada Maret ketika seorang uskup yang tinggal di residen yang sama dengannya ternyata positif. (CNA/Hym/A-3)

BERITA TERKAIT