14 September 2020, 22:19 WIB

Bisnis Dunia Telekomunikasi Harus Berorientasi Pelanggan


Wisnu AS | Ekonomi

SUATU sistem yang dapat memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi secara akurat, yakni CRM application system tengah dikembangkan oleh Mitratel sebagai bagian dari Telkom Group yang mengelola menara telekomunikasi.

Baca juga: Peduli Korban Pandemi Covid-19, Mitratel Sediakan Makanan Gratis

Direktur Utama Mitratel Teddy Hartoko menyampaikan, CRM atau customer relationship management merupakan strategi yang diterapkan oleh pihaknya dalam mengelola hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan untuk memberikan layanan serta produk yang berkualitas.

Hal ini penting mengingat perkembangan teknologi digital terutama di bidang industri telekomunikasi telah membuat semua bisnis proses di dalam perusahaan menjadi digitalized. Sistem tersebut nantinya dapat diakses secara digital oleh seluruh pelanggan Mitratel.

"Kami mengembangkan suatu sistem yang berkelanjutan dan berorientasi kepada bisnis masa depan dengan menyediakan desain teknis yang dapat dioperasikan dengan mudah dan cara yang paling efektif dan efisien", ujar Teddy Hartoko pada Senin (14/9/2020).

Teddy yang hadir dalam kick off CRM application system mengatakan, sistem ini mampu memberikan informasi detail kepada pelanggan tentang kondisi perangkat, tower, serta seluruh data pendukung yang dibutuhkan oleh pelanggan.

"Sistem baru yang dikembangkan tersebut diharapkan dapat digunakan pada bulan Desember 2020. Diharapkan produk Mitratel dapat disampaikan dengan mudah dan cepat serta memberikan solusi terpadu kepada seluruh stake holders perusahaan," tukasnya.

Baca juga: Mitratel-Telkomsel Sepakat Tingkatkan Layanan Telekomunikasi

Mitratel memiliki lebih dari 16 ribu menara telekomunikasi yang tersebar di seluruh Indonesia yang menjadikannya perusahaan menara telekomunikasi terbesar ke-2 di Indonesia. Dalam pengembangan tower management system dan CRM application system ini, Mitratel menggandeng Telkom Sigma, RPS, dan Nasctech.

"Sistem ini dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan. Melalui sistem ini pula penjualan, pelayanan maupun operasional perusahaan dapat dikelola dengan maksimal sehingga peluang untuk peningkatan kinerja perusahaan menjadi lebih terbuka," tutup dia. (RO/A-3)

BERITA TERKAIT