14 September 2020, 14:10 WIB

Mahasiswa Unisba Ikuti Pengenalan Kampus secara Online


Bayu Anggoro | Nusantara

SEBANYAK 2.820 mahasiswa baru Universitas Islam Bandung (Unisba) tahun ajaran 2020/2021 mengikuti prosesi pelantikan secara dalam jaringan (online), Senin (14/9). Prosesi pengenalan kampus tanpa kehadiran fisik itu dilakukan melalui platform digital zoom dan etaaruf.unisba.ac.id.

Rektor Unisba Edi Setiadi mengatakan, cara itu dipilih mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi virus korona. Pihaknya tidak ingin kondisi ini menghalangi aktivitas belajar mengajar terutama dalam menyambut mahasiswa baru.

Baca juga: Kualitas Pembelajaran Harus Jadi Perhatian saat Terapkan PJJ

"Cara online ini untuk memudahkan mahasiswa baru dalam mengikuti berbagai rangkaian kegiatan di kampus seperti taaruf online," katanya.

Meski tanpa kehadiran fisik, dia berharap proses online seperti itu bisa menambah wawasan mahasiswa tentang dunia perkuliahan. "Walaupun penuh dengan kesederhaan, namun dengan rasa optimasi yang tinggi bahwa sebagai insan yang berusaha menyerap spirit 3M (mujahid, mujtahid, dan mujaddid), kita tidak boleh menyerah karena berbagai halangan dan rintangan," katanya.

Selain pada masa pengenalan ini, menurut dia cara online seperti inipun bisa dilakukan untuk pembelajaran ke depan. Beberapa hal yang bisa menggunakan cara online ini adalah absensi, ujian dan kuis, hingga mengunduh materi pembelajaran. Lebih lanjut, dia berpesan kepada mahasiswa agar tetap belajar sungguh-sungguh meski tanpa kehadiran fisik akibat pandemi ini.

"Belajar sungguh-sungguh sebagai calon pemimpin masa depan agar bisa mengisi pembangunan bangsa dan negara," katanya. Pengenalan online ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai fakultas seperti Fakultas Syariah (213 mahasiswa), Fakultas Dakwah (98 mahasiswa), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (238 mahasiswa), Fakultas Hukum (254 mahasiswa), Fakultas Psikologi (215 mahasiswa), Fakultas MIPA (310 mahasiswa), Fakultas Teknik (325 mahasiswa), Fakultas Ilmu Komunikasi (399 mahasiswa), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (580 mahasiswa), serta Fakultas Kedokteran (188 mahasiswa). (BY/A-1)

BERITA TERKAIT