14 September 2020, 20:40 WIB

Ketua KPU Riau Positif Covid Tahapan Pilkada Terseok


Rudi Kurniawansyah | Nusantara

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Riau telah melaksanakan tahapan pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon (Bapaslon) di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru dari tanggal 6-11 September 2020. Dari 34 Bapaslon di 9 kabupaten dan kota se-Provinsi Riau, yang memenuhi syarat pemeriksaaan kesehatan sebanyak 33 Bapaslon. Satu bapaslon tertunda lantaran terkonfirmasi positif Covid-19.

"Dari total Bapaslon tersebut, masih kurang satu Bapaslon di Kabupaten Kepulauan Meranti yang masih ditunda pemeriksaan kesehatannya. Penundaaan pemeriksaan kesehatan tersebut disebabkan salah satu bapaslon masih terkonfirmasi positif Covid-19," kata Komisioner KPU Riau Nugroho Noto Susanto di Pekanbaru, Senin (14/9).

Ia menjelaskan, sejauh ini dari penelitian dokumen syarat calon yang telah memenuhi syarat adalah penelitian awal 1 Bapaslon di Kabupaten Siak, dan satu Bacalon Wakil Walikota di Kota Dumai.

"Bagi Bapaslon yang belum memenuhi syarat (BMS) akan melakukan perbaikan dokumen sesuai dengan saran perbaikan yang disampaikan KPU Kabupaten dan Kota yang menyelenggarakan Pilkada 2020 di Provinsi Riau. Waktu perbaikan dokumen dan penyerahan dokumen perbaikan sesuai PKPU 5/2020 dijadwalkan pada 14 sampai 16 September 2020," jelas Nugroho.

Sementara itu, terkait Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir, 45, yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 sampai saat ini masih melakukan isolasi mandiri. Nugroho mengatakan seluruh komisioner KPU Riau dan pegawai kembali melakukan uji rapid test dan swab dengan hasil semua negatif Covid-19.

"Alhamdulillah rekan-rekan anggota KPU Riau dan staf yang di uji swab pada Jumat pekan lalu, hari ini dikabarkan hasilnya semua negatif. Sedangkan 40 rapid test Jumat lalu semuanya non reaktif," jelas Nugroho.

Ia menambahkan, pada hari ini Ketua KPU Riau akan diuji swab kembali. "Mohon sangat doa tulus kita agar ketua juga diberikan kesembuhan," jelas Nogroho.(OL-13)

Baca Juga: Kota Cimahi Kembali ke Zona Merah Covid-19

 
BERITA TERKAIT