14 September 2020, 19:25 WIB

Tim Indonesia Lolos ke Kompetisi Bergengsi Kuliner Bocuse d'Or


Abdillah Marzuqi | Weekend

TIM koki Indonesia akhirnya berhasil menembus kompetisi kuliner bergensi di dunia yakni Bocuse d'Or. Kompetisi itu diikuti oleh tim koki terbaik dari seluruh dunia.

"Bocuse d'Or itu sendiri merupakan pertandingan kuliner paling bergensi di dunia yang diikuti oleh puluhan negara-negara," Head of Communication Bocuse d'Or Indonesia Kevindra Prianto Soemantri dalam sebuah video pendek yang diunggah @bocusedorina (Bocuse d'Or Indonesia) di Instagram.

Sedemikian prestisius kompetisi tersebut, bahkan bisa disandingkan dengan Wimbledon, Grand Prix, Olympic Games, F1, bahkan World Cup. Yang lebih membanggakan, keikutsertaan tim Bocuse d'Or Indonesia sudah memasuki final. Rencananya tim Bocuse d'Or Indonesia berlaga pada babak puncak di Lyon-Prancis pada Januari 2021.

"Setelah 10 tahun, Indonesia akhirnya berkesempatan untuk maju ke babak final Bocuse d'Or," tambah Kevindra yang juga penulis kuliner.

Bocuse d'Or Indonesia bakal diwakili oleh Mandif Warokka sebagai Chef Finalist (competing chef), dan Lutfi Nugraha sebagai Chef Commis. Selain mereka berdua, masih ada nama besar di bidang kuliner yakni Gilles Marx sebagai Presiden Tim Indonesia, Chris Salans sebagai Pelatih Tim Indonesia

Kini mereka tengah menggalang dana untuk mengukir sejarah baru untuk kuliner Indonesia. Seluruh dana yang terkumpul bakal dialokasikan untuk biaya operasional dan logistik.

Bocuse d'Or merupakan ajang dua tahunan, dimana pada 2019, Denmark berhasil keluar sebagai juara. Sejarah kompetisi ini dimulai sejak 1987 dan diselenggaraka oleh sosok Bocuse d'Or. Kontes memasak yang ia buat mengadopsi sistem kompetisi olah raga. Ada babak kualifikasi yang diselenggarakan di tingkat kontinental yakni Eropa, Asia Pasifik, Amerika, dan Afrika.

Bersama dengan kontes pencarian jawara koki itu juga diadakan serangkaian dengan pameran dagang Sirha (Sirha trade fair) yang berfokus pada industri jasa makanan dan gastronomi sejak 1983 - yang diadakan setiap dua tahun di Lyon, Prancis.

Kompetisi Bocuse d'Or mempertemukan 24 koki dari seluruh dunia dan mmeminta mereka untuk menyiapkan dua resep dalam waktu 5 jam 35 menit. Mereka bakal unjuk kebolehan berolah kuliner secara langsung di hadapan penonton dan juri. Pemenang ditentukan oleh juri panel yang terdiri dari beberapa koki terbaik dunia. (M-1)
 

BERITA TERKAIT