14 September 2020, 14:10 WIB

Pemerintah Dorong Ekspor Produk Kreatif Digital


Bayu Anggoro | Ekonomi

PEMERINTAH mendorong kreativitas masyarakat agar berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Tidak hanya berorientasi dalam negeri, nantinya hasil karya anak bangsa pun diharapkan menembus pasar internasional.

Hal ini disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat bertemu dengan sejumlah pelaku usaha kreatif di Cimahi, Jawa Barat. Menurut Jerry, kreativitas menjadi kunci sekaligus tantangan bagi masyarakat khususnya generasi muda dalam berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

Baca juga: Industri Kreatif di Era Industri 4.0

Sebagai contoh, dia memuji sejumlah produk digital yang dihasilkan kreator di Cimahi Technopark. Sejumlah karya seperti film animasi telah diproduksi bahkan dipasarkan hingga luar negeri.

"Ini bisa jadi contoh untuk kota lainnya. Bukan sekadar kreativitas, tapi juga teknologi," katanya seperti dalam siaran pers yang diterima Senin (14/9).

Dengan hadirnya kawasan Cimahi Technopark, dia meyakini kreativitas masyarakat akan semakin terasah. Kawasan ini menurutnya memiliki potensi kreator unggul yang dibina dan berkembang di tempat tersebut.

Kunjungannya ke Cimahi Technopark itupun, lanjutnya, merupakan caranya dalam mencari potensi produk ekspor alternatif seperti digital, industri kreatif, dan berteknologi tinggi. "Technopark ini dikembangkan sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo yang ingin memiliki pusat-pusat teknologi di banyak daerah yang berpotensi dikembangkan agar memiliki daya saing," katanya.

Nantinya, Jerry berharap produk-produk digital dalam negeri mampu berkontribusi terhadap neraca perdagangan. "Ekspornya harus kebih besar
dari impor. Per bulan ini neraca perdagangan kita surplus US$8,75 miliar. Ini harus kita pertahankan," katanya. (BY/A-1)

 

BERITA TERKAIT