14 September 2020, 15:15 WIB

Sudah Dinyatakan Sembuh, 5 Pasien Covid-19 di Babel Positif Lagi


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

SATGAS Percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menginfoirmasikan pasien sembuh Covid-19 berpeluang kambuh. Dari pantauan satgas ditemukan pasien yang dinyatakan sembuh, kembali dinyatakan positif covid-19 ada lima orang.

Plt Sekretaris satgas percepatan penanganan covid-19. Aswin mengatakan sudah ada lima pasien covid-19 sembuh, kembali dinyatakan positif.

Minggu (13/9) menurut Aswin. E-O, 36 tahun, laki-laki, berdomisili di Jalan Mitro, Gabek 2, Gabek, Pangkalpinang yang sudah sembuh kembali dinyatakan positif.

"EO, memiliki gangguan pernapasan, dan dari hasil tes swab PCR pada 12 September 2020 dinyatakan kembali positif terkonfirmasi Covid-19, saat ini menjalani swaisolasi atau karantina mandiri di rumah, dalam
pengawasan dan pemantauan." kata Aswin, Senin (14/9).

Ia mengaku. E-O adalah pasien kategori reinfeksi, karena sebelumnya sudah pernah dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19 berdasarkan hasil tes swab PCR pada 7 Agustus 2020, menjalani isolasi dan penanganan di BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sampai selesai isolasi dan pemantauan pada 18 Agustus 2020.

Berdasarkan riwayat sebelumnya, lanjut Aswin. E-O yang merupakan ASN di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia itu pada 24 Juli 2020 melakukan perjalanan dari Jakarta ke Pangkalpinang. Hendak kembali ke Jakarta, dari tes rapid diperoleh hasil reaktif, dari tes swab PCR pada 5 Agustus 2020 dan diperoleh hasilnya pada 7 Agustus 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19.

"Dengan demikian, ini menjadi kasus ke-5 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkait orang yang terpapar kembali oleh Covid-19 Â (reinfeksi), setelah selesai menjalani isolasi dan pemantauan serta dinyatakan bebas dari Covid-19."ucap dia.(OL-13)

Baca Juga: Waspada! Pasien Sembuh Virus Korona Bisa Kambuh

BERITA TERKAIT