14 September 2020, 14:16 WIB

Hari Ini, Subsidi Gaji Tahap Ketiga Mulai Disalurkan


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

KEMENTERIAN Ketenagakerjaan (Kemenaker) kembali mencairkan bantuan subsidi upah (BSU) untuk tahap ketiga. Bantuan itu menyasar karyawan dengan gaji di bawah Rp5 juta.

"Pada data tahap ketiga ada 3,5 juta pekerja yang menerima. Total ada 9 juta data telah disampaikan ke Kemenaker," ujar Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJAMSOSTEK Irvansyah Utoh Banja saat dihubungi, Senin (14/9).

Diketahui, secara keseluruhan bantuan diberikan kepada 15,7 juta pekerja yang menjadi peserta aktif BPJAMSOSTEK. Ada sekitar 1,77 juta nomor rekening yang dinilai tidak valid oleh BPJAMSOSTEK.

Baca juga: 90% Peserta Kartu Prakerja Merupakan Pengangguran

Sebelumnya, Kepala Biro Humas Kemnaker Soes Hindharno menyebut pencairan BSU tahap ketiga membutuhkan waktu lebih lama. Dalam hal ini, terkait pemeriksaan data penerima bantuan subsidi. Sebab penerima BSU tahap ketiga lebih besar dari tahap pertama dan kedua.

Pada tahap pertama, bantuan sudah disalurkan kepada 2,47 juta penerima atau 99,17% dari total penerima. Untuk tahap kedua, bantuan yang sudah ditransfer mencapai 92,3% atau 2,76 juta penerima.

Baca juga: KPK Dorong Penyaluran Subsidi Gaji Tepat Sasaran

"Sesuai dengan petunjuk teknis, kami menggunakan 4 hari kerja itu secara maksimal. Untuk melakukan check list terhadap data pekerja yang diserahkan oleh BPJAMSOSTEK pada Selasa (8/9),” papar Soes.

Setelah proses check list selesai, data itu diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Kemudian, KPPN menyalurkan BSU ke bank penyalur, yakni anggota Himbara.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT