14 September 2020, 13:02 WIB

JK Yakin Perekonomian akan Lancar Jika Pandemi Sukses Ditangani


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

MANTAN Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menuturkan saat ini yang terpenting adalah menangani terlebih dahulu pandemi covid-19. Menurutnya, meningkatnya kasus penyakit menular itu di Tanah Air menyebabkan penurunan laju ekonomi.

“Ini kan masalah sebab akibat saja. Yang menjadi sebab adalah pandemi covid-19 yang berakibat turunnya ekonomi. Ketika sebab utamanya hilang, ekonomi akan lancar lagi," ujar pria yang akrab disapa JK itu dalam keterangan resmi, Minggu (13/9).

JK menegaskan, apabila wabah bisa ditangani, ekonomi akan dapat berjalan kembali.

Baca juga: JK Dukung PSBB DKI

Pernyataan JK tersebut berkaitan dengan penerapan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta yang diputuskan Gubernur Anies Baswedan pada  Rabu (9/9) lalu.

Ia setuju Ibu kota memberlakukan pembatasan aktivitas untuk menurunkan laju kasus positif covid-19 yang mencapai 54 ribu lebih kasus.

"Alat produksi tetap ada, seperti hotel, moda transportasi, hanya permintaannya saja yang kurang. Tapi, sebabnya (kasus covid-19) dulu yang diselesaikan," terang JK.

Terpisah, Ekonom dari Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet menilai PSBB kali ini tidak akan efektif menekan kurva kasus covid-19.

Hal itu akan berdampak pula pada pemulihan ekonomi di Jakarta dan tingkat nasional yang akan tetap berpola U shape.

"Saya kira, dengan PSBB yang tidak seketat pertama, ada risiko lebih lamanya proses melandaikan kurva kasus covid-19 di Jakarta. Artinya proses pemulihan ekonomi maupun kesehatan akan tetap U shape,” ujarnya saat dihubungi, Minggu (13/9). (OL-1)

BERITA TERKAIT