14 September 2020, 11:33 WIB

Tingkatkan Kinerja Melalui Digitalisasi


Budi Ernanto | Ekonomi

PERUMNAS menyatakan sedang mengambil langkah baru untuk bisa memasarkan produknya. Salah satu cara yang diambil ialah dengan menghadirkan booth-booth secara virtual.

Dengan gencar pada strategi digitalisasi melalui pameran properti secara virtual, Perumnas juga berkolaborasi dengan BTN, BNI, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Kami saat ini tengah mengambil langkah baru dalam memasarkan produk perumahan Perumnas dengan menghadirkan booth-booth secara virtual. Konsep digitalisasi pameran seperti ini yang akan kami usung kedepannya,” ujar Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa Soediro di Jakarta baru-baru ini.

"Kami melihat animo yang baik pada virtual event pada kolaborasi pameran properti secara virtual dengan Bank BNI dan Kementerian PUPR di Agustus lalu, sehingga kami menyambut baik adanya kolaborasi dengan BTN pada September ini," sambungnya.

Calon konsumen dapat mengakses melalui gawai masing-masing untuk melihat daftar proyek perumahan yang ditawarkan sehingga tidak perlu keluar rumah secara fisik.

Baca juga: Perumnas Kebut Proyek Hunian Terintegrasi Transportasi

Konsep pameran properti seperti ini juga dikemas dengan tambahan fitur membayar booking fee serta mengajukan KPR secara daring agar semakin memudahkan konsumen nantinya dalam bertransaksi.

Budi menjelaskan, terdapat banyak proyek perumahan Perumnas yang dihadirkan dalam pameran properti virtual ini baik itu berupa rumah tapak maupun rumah susun. Khusus pada pameran Virtual Expo Hapernas 2020 Perumnas menghadirkan 13 proyek dengan fasilitas subsidi yang menjangkau masyarakat berpenghasilan rendah.

Budi menjelaskan khusus untuk kolaborasi dengan BTN dengan tajuk Virtual Event IPEX BTN 2020 yang berlangsung hingga 30 September nanti, Perumnas menghadirkan 15 proyek unggulan baik berupa format rumah tapak maupun rumah susun yang mengusung nama Samesta.

Di antaranya area Jakarta, Depok, dan Tangerang terdapat Samesta Mahata Serpong Tangerang Selatan, Samesta Mahata Tanjung Barat Jakarta, Samesta Mahata Margonda Depok, Samesta Alonia Jakarta, dan Samesta Sentraland Cengkareng Jakarta.

Di area Medan, Semarang, Surabaya terdapat Samesta Sentraland Medan, Samesta Green Nongsa City, Samesta Klipang Green 2, dan Samesta Sentraland Surabaya.

Selanjutnya untuk area Karawang, Purwakarta, Bogor dan Bandung terdapat Samesta Grand Sentraland Karawang, Samesta Royal Campaka Purwakarta, Samesta Dramaga Bogor, Samesta Parayasa Bogor, Samesta Pasadana Bandung, dan Samesta Antaloca Bandung.

“Kami sangat optimis dengan adanya pameran properti virtual seperti ini akan menjangkau pasar yang lebih luas, khususnya untuk konsep retail di masa new normal," kata dia.

"Konsep penjualan secara ritel secara target di tahun ini kami menargetkan dapat mengantongi Rp830 miliar atau setara dengan 3.200 unit. Ke depannya inovasi pemasaran dengan konsep digitalisasi seperti ini akan kami gencarkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi”, tutup Budi. (RO/R-3)

BERITA TERKAIT