14 September 2020, 11:27 WIB

Kasus Covid-19 di Klaten, Pasien Sembuh Bertambah 37 Orang


Djoko Sardjono | Nusantara

SEBANYAK 37 pasien positif Covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, dinyatakan sembuh, Minggu (13/9).  Sehingga jumlah akumulatif pasien positif sembuh menjadi 306 orang
Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian (Gusgas PP) Covid-19, Cahyono Widodo menyebut penambahan pasien sembuh itu berasal dari delapan kecamatan di Klaten.

Pasien sembuh terbanyak asal Kecamatan Delanggu, yaitu 20 orang. Kemudian, Polanharjo 5 orang, Klaten Tengah 4 orang, Karangnongko 2 orang, Jatinom 2 orang, Wonosari 2 orang, Cawas 1 orang, dan Gantiwarno 1 orang.

"Alhamdulillah, kali ini ada penambahan pasien positif yang dinyatakan sembuh sebanyak 37 orang. Namun, terdapat satu orang terkonfirmasi positif covid-19. Pasien baru ini dari Kecamatan Cawas," kata Cahyono Widodo, Minggu (13/9).

Pasien baru terkonfirmasi positif diketahui dalam 14 hari terakhir memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta. Sehingga dimungkinkan terpapar Covid-19 saat berada di kota itu. Saat ini, ia menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan tim medis. Sebanyak 36 dari 37 pasien positif yang dinyatakan sembuh sebelumnya menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis. Sedangkan satu pasien lainnya dirawat di rumah sakit.

baca juga: Enam Kabupaten di Kalsel Berisiko Tinggi Covid-19

Meskipun sudah dinyatakan sembuh mereka tetap diharuskan melakukan isolasi mandiri di rumah minimal selama tujuh hari. Dengan penambahan 37 pasien sembuh dan satu terkonfirmasi positif, jumlah akumulatif pasien Covid-19 di Klaten kini menjadi 499 orang. Sebanyak 306 orang di antara mereka sembuh, 175 dirawat di rumah 
sakit/isolasi mandiri, dan 18 orang meninggal dunia.

Guna pencegahan dan pengendalian Covid-19, masyarakat diharapkan agar disiplin mematuhi protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, dan hindari kemuruman. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT