14 September 2020, 07:48 WIB

Petahana Barru Diberi Waktu 9 Hari Ganti Wakilnya Positif Narkoba


Lina Herlina | Nusantara

KOMISI Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru meminta bakal calon Bupati Barru petahana Suardi Saleh, untuk mengganti pasangannya, sebelum batas waktu penetapan pasangan calon pada 23 September mendatang, lantaran bakal calon wakil bupatinnya, Andi Mirza Riogi Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Komisioner KPU Barru, Divisi Teknis dan Logistik KPU Barru, Masdar mengatakan rekomendasi KPU tersebut dikeluarkan setelah ada hasil pemeriksaan kesehatan, yang menyebutkan kader PDI Perjuangan itu positif narkoba. 

"Sesuai regulasi jika ada yang begitu (TMS) maka partai politik harus melakukan pergantian," katanya.

Jadi menurut Masdar, masih ada waktu sembilan hari kedepan sebelum jadwal penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati, 23 September mendatang. 

"Tapi yang bersangkutan harus memasukan dokumen baru berupa B1-KWK pengganti dari partai pengusung," menurutnya.

Sebelum dilakukan pleno hasil pemeriksaan kesehatan, sempat beredar surata pembanding hasil tes kesehatan yang dilakukan sendiri oleh Riogi di salah satu laboratorium kesehatan swasta yang menunjukkan jika hasil pemeriksaan urinnya semua negatif narkoba. Rekomendasi yang dipakai dari Badan Narkot8ka Nasional Provinsi Sulawesi Selatan sebagai bagian tim pemeriksa kesehatan, bersama IDI dan Himpunan Psikologi Indonesia.

baca juga: Tersandung karena Positif Narkoba 

Sayangnya tidak ada tanggapan dari Riogi terkait hasil pemeriksaan tersebut. Sementara Bupati Barru petahana Suardi Saleh mengaku kaget dengan hasil tes itu, dan tentu akan segera mengkomunikasikannya dengan partai pendukung. Pasangan Suardi Saleh -Andi Mirza Riogi maju di Pilkada Barru setelah diusung Partai NasDem, PDI Perjuangan, PKS dan Demokrat, dengan total 11 kursi dari syarat kursi parlemen hanya 5. Pilkada Barru diikuti tiga bakal calon yaitu Suardi- Riogi, pasangan lainnya yaitu Malkan Amin-Andi Salahuddin Rum, yang diusung Golkar dan Gerindra, serta Mudassir Hasri Gani-Aksah Kasim yang diusung PKB dan PPP. (OL-3)

BERITA TERKAIT