13 September 2020, 20:36 WIB

Tak Pakai Masker, Lebih dari 50 Pengunjung Malioboro Diberi Sanksi


Ardi Teristi | Nusantara

Lebih dari 50 orang pengunjung Malioboro diberi sanksi menyapu di halaman Gedung DPRD Provinsi DIY, Minggu (13/9), dari sekitar pukul 14.00-15.00 WIB. Sanksi tersebut diterima lantaran mereka tidak memakai masker ataupun memakai masker tetapi tidak benar.

"Sekitar satu jam di melakukan operasi nonyustisi, kami sudah menjaring lebih dari 50 orang pelanggar," jelas M Ibnu, petugas Satpol PP. Mereka berasal dari berbagai daerah, seperti Semarang, Kudus, hingga Jakarta.

Mereka menjelaskan, dalam kesempatan tersebut, mereka melakukan pembinaan dan sosialisasi bagi yang tidak patuh memakai masker secara benar. Operasi tersebut melibatkan SatpoPP, Polisi, dan TNI.

Baca Juga: Abai Bermasker, Pemotor di Tangerang Dihukum Sapu Jalan

Kegiatan tersebut sekaligus penegakan Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 77 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

"Alasan tidak memakai masker karena lupa. Kebanyakan, mereka memakai masker tidak secara benar, cuma dicangklongkan saja,, hidung tidak ditutup masker," kata dia.

Ia berharap, dengan pemberian sanksi tersebut, masyarakat bisa semakin sadar bahaya Covid-19 dan disiplin menerapkan protokol kesehatan sehingga kasus Covid-19 di DIY bisa menurun. (AT/OL-10)

BERITA TERKAIT