13 September 2020, 15:27 WIB

TNI-Polri Ikut Awasi PSBB di Jakarta


Hilda Julaika | Megapolitan

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total pada Senin (14/9) besok.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut penerapan PSBB kali ini melibatkan personel TNI-Polri untuk memperketat pengawasan.

“Protokol kesehatan akan diintensifkan dan dilakukan bersama Polri, TNI dan Satpol PP, yang sudah ditugaskan sebelumnya. Kita akan mengintensifkan pada dua pekan ke depan,” tutur Anies dalam konferensi pers, Minggu (13/9).

Dengan adanya tambahan personel TNI-Polri, Anies berharap warga lebih mematuhi protokol kesehatan. Sehingga, laju penularan covid-19 di Ibu Kota bisa ditekan.

Baca juga: Besok, PSBB Total Resmi Diberlakukan

Pihaknya pun memastikan sanksi akan terus diberlakukan. Sampai saat ini, tercatat 158 ribu orang/badan yang terkena sanksi pelanggaran. Denda yang terkumpul pun mencapai Rp4,3 miliar.

Lebih lanjut, Anies menjelaskan keputusan PSBB total mempertimbangkan penyebaran covid-19 di DKI Jakarta. Pasalnya, terjadi lonjakan kasus covid-19 hingga 49% selama September ini. Angka kematian akibat covid-19 juga naik hingga 14% dalam 12 hari.

“Dua pekan ke depan memasuki masa pembatasan yang berbeda dibandingkan masa transisi kemarin,” pungkas Anies.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT