13 September 2020, 14:15 WIB

Sepuluh Titik Panas Diduga Karhutla Terdeteksi di Babel


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

SEBANYAK 10 titik panas atau hotspot yang diduga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terpantau satelit berada di provinsi Bangka Belitung (Babel), Minggu (13/9).

Kepala bidang kedaruratan dan logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel. Aswin mengatakan 10 titik panas yang diduga karhutla tersebut berada di tiga kabupaten.

Tiga kabupaten itu, lanjutnya Bangka Selatan (Basel), Belitung dan Belitung timur (Beltim)."di basel ada 8 titik yang kita duga karhutla berada di kecamatan Toboali, kalau di Belitung ada dua titik di Badau dan Selat Nasik, di Belitung Timur pun dua titik di kecamatan gantung," kata Aswin.

Untuk tingkat akurasi atau kepercayaan titik panas ini, menurut Aswin, diangka 8," tingkat akurasinya cukup tinggi delapan, tapi kita tetap
akan pastikan benar-benar karhutla atau hanya panas atas rumah warga,"ujarnya.

Memasuki musim kemara, diutarakan aswin dengan masih adanya potensi hujan, masyarakat harus tetap waspada terhadap bencana karhutla ini, khususnya bagi yang berada di titik-titik rawan karhutla.

"Intinya kita selalu menghimbau masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan secara sengaj, selain itu, jangan buang puntung rokok yang masih ada bara api ke hutan atau ilalang kering, karena sangat berbahaya,"imbuh dia.(OL-13)

Baca Juga: Hari Ini, RSD Wisma Atlet Rawat 1.692 Pasien Covid-19

 

BERITA TERKAIT