13 September 2020, 00:01 WIB

Kota Bandung Miliki Potensi Besar E-sport


Bayu Anggoro | Nusantara

TINGGINYA antusiasme masyarakat di kota-kota besar terhadap e-sports diharapkan menjadi modal untuk meningkatkan prestasi atlet Tanah Air di cabang olahraga baru tersebut. Hal ini disampaikan Dandan Riza Wardhana usai dilantik menjadi Ketua E-sport Indonesia (ESI) cabang Kota Bandung, Jumat (11/9) malam di Bandung. Pelantikan dilakukan Ketua ESI Jawa Barat Dedy Agus Purwanto.

Dandan menilai, Kota Bandung menjadi salah satu daerah yang berpotensi menyumbangkan atlet-atlet e-sport andal. Salah satunya karena perkembangan olahraga tersebut di wilayahnya cukup baik.

Inipun didorong oleh melimpahnya bibit-bibit atlet pada cabor tersebut. "Kota Bandung sangat berpotensi untuk pengembangan e-sport," katanya.

Dia juga menilai di wilayah Kota Bandung terdapat banyak klub-klub e sport yang diharapkan membantu pihaknya dalam pembinaan olahraga tersebut. "Kami  akan aktif merangkul klub-klub e-sport di Kota Bandung. Dengan menjunjung nasionalisme, kebinekaan, dan sportivitas, akan lahir atlet-atlet e-sport baik skala nasional maupun internasional," katanya.

Dalam pelantikan ini, Dedy membacakam amanat dari Ketua Umum PB ESI Budi Gunawan. Dalam keterangannya itu, PB ESI akan menyusun regulasi agar e-sport lebih terarah dan jelas.

Sejumlah prestasi yang pernah ditorehkan atlet e-sport Indonesia pun diharapkan lebih baik lagi. Pada SEA Games 2019 saat pertama kali e-sport dipertandingkan, atlet kita berhasil menyumbangkan dua medali perak. "Tentunya ini harus ditingkatkan lagi," katanya. (R-1)

BERITA TERKAIT