12 September 2020, 21:56 WIB

InFest Virtual 2020 Dorong Generasi Muda Indonesia Produktif


mediaindonesia.com | Humaniora

DALAM rangka merayakan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Ditjen Pengelolaan Biaya dan Risiko (DJPPR),Kemenkeu menyelenggarakan serangkaian kegiatan InFest atau an Inclusive Festival by DJPPR Virtual.

 Berbeda dengan tahun sebelumnya, InFest Virtual diselenggarakan dengan mengoptimalkan berbagai kanal komunikasi daring DJPPR seperti Youtube Live Streaming, Instagram Live dan Podcast/Video Podcast dengan tagar #IniUntukKita.

InFest Virtual diselenggarakan pada 16 Agustus hingga 12 September 2020, dengan menyuguhkan serangkaian kegiatan menarik yaitu Creator Competition dan berbagai sesi talkshow dengan pembicara tamu dan internal DJPPR yang mumpuni di bidangnya.

Mengusung tema ‘InFest Virtual Merah Putih: Berkreasi dan Berinovasi untuk Indonesia Maju’, InFest Virtual menjadi sebuah sarana edukasi publik untuk menyampaikan peran dan kontribusi pemerintah dalam mengelola APBN, khususnya DJPPR di sektor pembiayaan demi mendukung kemajuan pembangunan di Indonesia.

Lebih dari itu, InFest Virtual juga diselaraskan dengan semangat generasi produktif Indonesia untuk terus berkreasi dan berinovasi di bidangnya agar dapat mewujudkan pertumbuhan diri dan negeri menjadi lebih baik.

Salah satu agenda penting dalam InFest Virtual Tahun ini adalah Creator Competition, yang merupakan ajang untuk berlomba menciptakan suatu karya kreatif dari insan muda Indonesia melalui media tulisan (blog writing), suara (podcast) dan video (home vlog), khususnya terkait topik yang telah ditentukan.

“Topik meliputi investasi di surat berharga nasional (SBN) ritel, UMKM yang berdikari, millenials melek literasi ekonomi, dan manfaat produktif infrastruktur negeri,” kata Dirjen PPR, Kemenkeu Luky Alfirman.

Luky berharap kompetisi dapat mendorong anak muda untuk terlibat aktif dalam aksi kecil dan kolektif yang dapat berkontribusi pada pembangunan Indonesia.

Ia menegaskan respons dan antusiasme para peserta yang cukup tinggi membawa energi positif luar biasa yang ditularkan melalui 409 karya dari 354 peserta.

Karya terdiri dari peserta home vlog sebanyak 52 video, podcast sebanyak 115 podcast, blog writing sebanyak 242 tulisan. “Pemenang yang dipilih dari setiap kategori merupakan yang terbaik dari yang terbaik berdasarkan pilihan juri,” paparnya.

Selain kompetisi, InFest Virtual Merah Putih juga menghadirkan talkshow dengan berbagai topik dan pembicara yang tak kalah menarik dari banyak kalangan baik melalui Youtube Live Streaming dan Instagram Live, yang dibuka dengan dialog mengenai Generasi Indonesia yang Muda, Produktif, dan Inspiratif.

Dialog tersebut menghadirkan e-sport pro player dan video creator, Ridha Audrey dengan Direktur Strategi dan Portofolio Pembiayaan DJPPR, Riko Amir. (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT