12 September 2020, 18:35 WIB

Aneh, Ular Piton ini Mampu Bertelur Meski Tanpa Pejantan


Putri Rosmnalia Oktaviani | Weekend

PARA pawang ular di kebun Binatang Saint Louis, AS, dibuat terkejut dengan bertelurnya seekor ular piton berjenis Royal Phyton. Keheranan muncul karena ular tersebut tidak pernah dipertemukan dengan ular jantan selama lebih dari 15 tahun.

Ular betina itu sudah berada di kebun binatang Saint Louis sejak tahun 1961. Usianya diperkirakan sudah mencapai 62 tahun.

Manajer Kebun Binatang Saint Louis, Mark Wanner, mengatakan ular tersebut membuahkan telur pada tanggal 23 Juli 2020 lalu. Telur yang dibuahkan sebanyak 7 butir.

"Ini mengejutkan, kami tidak mengira dia akan mengeluarkan telur," ujar Mark, seperti dilansir cnn.com, Sabtu (12/9).

Saat ini, dua butir telur tengah dibawa ke laboratorium untuk dipelajari diteliti lebih lanjut. Diharapkan penelitian bisa menjawab keheranan mengenai hadirnya telur-telur tersebut.

Mark menjelaskan, ular jenis tersebut memang diketahui memiliki kemampuan menyimpan sperma ular jantan untuk dibuahi di kemudian hari. Namun, berdasarkan penelitian dan pengalaman sebelumnya di dunia, lama sperma tersimpan hanya bisa bertahan hingga tujuh tahun sejak pertama masuk ke tubuh ular betina.

"Ular ini terakhir kami satukan dengan jantan sekitar 15 tahun lalu saat kandang mereka kami bersihkan. Tetapi yang secara sengaja disatukan sebenatnya sudah sangat lama, bahkan hampir 30 tahun. Jadi harus diteliti untuk diketahui berapa lama sebenarnya sperma tersimpan," ujar Mark.(M-4)

BERITA TERKAIT