12 September 2020, 10:35 WIB

Kebakaran Hutan Oregon: Puluhan Orang Hilang


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

"Puluhan orang hilang dalam kebakaran hutan Oregon, Amerika Serikat (AS) yang telah membuat puluhan ribu orang mengungsi," ujar Gubernur Kate Brown.

Oleh karena itu, dia minta para pemilik rumah untuk tetap berada di luar zona kebakaran meskipun ada laporan penjarahan.

Direktur manajemen darurat Oregon Andrew Phelps mengatakan mereka bersiap untuk 'kejadian kematian massal' dari kebakaran itu.

Kebakaran telah menewaskan sedikitnya empat orang di Oregon dan 11 orang di tempat lain. Ada 100 titik api kini mengancam 12 negara bagian AS.

Baca juga: Kebakaran Lahan di California Tewaskan Delapan Orang

"Sampai sekarang, ada laporan awal dari polisi negara bagian kami bahwa ada puluhan orang hilang terkait dengan kebakaran khususnya di wilayah Jackson, Lane, dan Marion," lanjut Brown.

Namun, Brown tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang orang hilang tersebut. Dia hanya mengklarifikasi ada 40.000 warga Oregon harus dievakuasi.

Pejabat setempat mengatakan sehari sebelumnya setengah juta orang terkena dampaknya. Namun, Brown mengatakan pada Jumat (11/9) angka yang lebih tinggi termasuk mereka yang tetap di rumah tetapi telah disarankan untuk siap untuk dievakuasi.

"Saya mengetahui rumor penjarahan yang sangat mengkhawatirkan dan meresahkan," tambah Brown.

"Izinkan saya meyakinkan Anda kami memiliki Garda Nasional Oregon dan Polisi Negara Bagian Oregon yang memantau situasi dan mencegah penjarahan," tegasnya.

Polisi di Marion County, selatan Portland, menangkap dua pria pada Kamis karena diduga membobol dan menjarah rumah-rumah yang dievakuasi di daerah itu.

Pada Jumat, kepala perlindungan kebakaran departemen kehutanan Oregon Doug Grafe mengatakan petugas pemadam kebakaran masih berjibaku untuk mengatasi kebakaran besar.

Beatriz Gomez Bolanos, 41, mengungkapkan perjalanan menakutkan keluarganya saat menyelamatkan diri melewati api yang membakar di kedua sisi mobil mereka. Dia menyuruh keempat anaknya untuk menutup mata saat mereka melarikan diri.

"Semuanya musnah. Kami harus memulai lagi dari nol, tapi kami masih hidup," kata Bolanos kepada kantor berita.

Setidaknya satu kebakaran di Oregon (Almeda Fire) merupakan satu dari beberapa kebakaran yang paling merusak di negara bagian ini. (BBC/OL-14)

BERITA TERKAIT