12 September 2020, 08:52 WIB

Kalahkan Carreno Busta, Zverev ke Final AS Terbuka


Basuki Eka Purnama, Akmal Fauzi | Olahraga

ALEXANDER Zverev bangkit dari ketertinggalan dua set untuk mengalahkan Pablo Carreno Busta dan melaju ke final Amerika Serikat (AS) Terbuka, Sabtu (12/9) WIB.

Unggulan kelima asal Jerman itu mengalahkan lawannya yang merupakan unggulan ke-20 3-6, 2-6, 6-3, 6-4, dan 6-3 dalam tempo 3 jam dan 23 menit di Arthur Ashe Stadium.

Ini merupakan kali pertama Zverev melaju ke babak final turnamen Grand Slam.

Di laga final, Zverev akan berhadapan dengan pemenang laga antara unggulan kedua Dominic Thiem dan unggulan ketiga Daniil Medvedev.

Baca juga: Duet Debutan Jadi Juara Ganda Putri AS Terbuka

Ini juga merupakan kali kedua dalam karier Zverev, dia bangkit dari ketertinggalan dua set dan meraih kemenangan.

"Saya melihat ke papan skor ketika saya tertinggal dua set. Saya berkata, 'Saya tidak bisa mempercayai ini. Saya bermain di babak semifinal. Saya adalah pemain unggulan namun tampil buruk'," ujar Zverev.

"Jadi, saya bertekad bermain lebih baik dan berusaha membalikkan keadaan," imbuhnya.

Zverev melakukan 36 unforced error di dua set pertama dibanding Carreno Busta yang hanya melakukan 12.

Namun, Zverev mulai memangkas kesalahannya di set ketiga, meningkatkan permainan servisnya, dan mengambil kendali permainan.

"Saya berhasil melaju ke final Grand Slam pertama saya dan itu yang terpenting. Saya sangat bahagia namun saya masih memiliki satu langkah lagi," ungkap Zverev.

Zverev kini menjadi petenis Jerman pertama yang mencapai final Grand Slam sejak Rainer Schuttler di Australia Terbuka 2003. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT