12 September 2020, 04:45 WIB

Tiap Kelurahan di Medan Diinstruksikan Beri Akses Wifi Gratis


Yoseph Pencawan | Humaniora

PELAKSANA Tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution menginstruksikan seluruh kelurahan di kotanya untuk memberikan akses internet secara gratis kepada masyarakat untuk mendukung kegiatan pembelajaran daring bagi kalanganpelajar dan pendidik.

Akses internet gratis, khususnya jaringan nirkabel atau wifi, akan sangat membantu para pelajar dan pendidik yang kesulitan memenuhi paket kebutuhan data.

Baca juga: Tokoh Alumni ITS Dukung Cak Machfud-Cak Mujiaman Majukan Surabaya

"Saat ini sudah ada dua kantor kelurahan yang memberikan jaringan internet gratis. Saya sudah minta semua lurah untuk segera melakukan hal serupa," ujar Plt. Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Jumat (11/9).

Adapun dua kantor kelurahan yang sudah memberikan akses internet gratis untuk warganya adalah kelurahan Kampung Baru dan kelurahan Sitirejo II.

Lurah-lurah lain di Medan pun diinstruksikan mengikuti jejak kedua kelurahan tersebut dalam waktu dekat.

Akhyar mengatakan, layanan internet secara gratis ini akan dapat membantu siswa yang kurang mampu untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring), kapan saja.

Dengan begitu mereka tidak terkendala dalam menimba ilmu di masa pandemi ini. Terlebih, tidak ada yang tahu kapan kondisi pandemi ini akan berakhir.

Selain itu, fasilitas ini juga dapat meringankan beban orangtua siswa yang selama ini menanggung tambahan pengeluaran karena harus membeli paket data internet agar anaknya dapat ikut belajar daring. (OL-6)

BERITA TERKAIT