12 September 2020, 00:55 WIB

Laga Pembuktian Manajer Anyar


Akmal Fauzi | Sepak Bola

PEKAN pertama Liga Primer Inggris 2020/2021 menghadirkan laga derbi London antara Fulham dan Arsenal di Stadion Craven Cottage, hari ini. 

Pertandingan tersebut akan menjadi pertaruhan bagi Mikel Arteta yang baru saja didapuk sebagai manajer tim. Arteta diberi tanggung jawab ekstra di Arsenal setelah gelar resminya diubah dari pelatih kepala menjadi manajer. 

Pada Desember lalu, pria asal Spanyol itu direkrut sebagai pelatih kepala menggantikan Unai Emery. Ternyata kepercayaan yang diberikan manajemen berbuah manis setelah Arsenal sukses menjadi juara Piala FA dan Community Shield. Arsenal pun mengamankan tiket Liga Europa.

“Arteta sudah ada di sini sejak akhir Desember dan sembilan bulan terakhir mungkin sembilan bulan paling menantang dalam sejarah Arsenal. Kami sudah ada selama 134 tahun. Terlepas dari semua tantangan itu, Arteta telah mendorong klub sepak bola ini maju,” kata kepala eksekutif Vinai Venkatesham dilansir laman resmi klub.

Dalam melawan Fulham, Arsenal juga akan diuji dalam hal pertahanan lantaran David Luiz harus melewatkan pertandingan karena sedang cedera leher. Pemain asal Brasil itu diperkirakan absen selama enam pekan. Posisinya mungkin akan digantikan William Saliba.
Sementara itu, kubu tuan rumah hendak memperbaiki rekor derbi London. The Cottagers tercatat selalu kalah dalam 10 derbi London terakhir di Liga Inggris. Khusus melawan Arsenal, Fulham juga kalah dua kali dengan skor mencolok 4-1 dan 1-5 pada musim 2018/2019. Skuad asuhan Scott Parker tentu hendak mengakhiri tren negatif itu untuk menorehkan awalan baik di Liga Primer.


Membela diri

Hari ini, juara bertahan Liverpool akan menjamu Leeds United. The Reds punya potensi untuk mempertahankan gelar Liga Inggris.

Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, Liverpool punya pekerjaan berat. Di bursa transfer, mereka tidak seaktif Chelsea yang giat mendatangkan bintang baru. Liverpool baru bisa membawa Kostas Tsimikas, bek kiri asal Yunani dengan biaya 11,7 juta pound sterling.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp membela diri terkait dengan senyapnya pergerakan the Reds di bursa transfer. Klopp mengatakan Liverpool tidak bisa menghabiskan uang seperti klub yang dimiliki negara dan oligarki.

Klopp menyindir Chelsea yang jorjoran belanja pemain. Chelsea, kata Klopp, ibarat klub yang kebal terhadap dampak krisis virus korona.

“Untuk beberapa klub, tampaknya kurang penting betapa tidak pasti masa depan yang dimiliki negara, dimiliki oligarki, itulah kebenarannya. Kami klub yang berbeda,” kata Klopp.

“Kami tidak bisa begitu saja mengubahnya dalam semalam dan berkata, ‘Sekarang kami ingin berperilaku seperti Chelsea’,” lanjut Klopp.

Timo Werner dan Kai Havertz, yang sebelumnya dikaitkan dengan Liverpool, malah berbelok ke Stamford Bridge. Chelsea juga mendatangkan Hakim Ziyech, Thiago Silva, Ben Chilwell, dan Malang Sarr. (Sportsmole/AFP/R-3)
 

BERITA TERKAIT