11 September 2020, 23:45 WIB

Erick Thohir: Prioritas Kami, Indonesia Sehat


Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum

KETUA Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir menuturkan kesehatan menjadi kunci utama saat ini dalam pengendalian Covid-19.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi tidak bisa bertumbuh dengan baik bila tidak ditunjang dengan pelayanan kesehatan yang baik.

Baca juga: Pengamat: Cukong tidak hanya Biayai Pilkada, Pilpres Juga

"Kami enggak pernah bicara ekonomi didahulukan. Bisa dilihat prioritas kami adalah Indonesia sehat. Memastikan rakyat aman dari covid-19 dan reformasi layanan kesehatan ini jadi kunci," ujar Erick dalam pidato Dies Natalis Universitas Universitas Padjajaran, Jumat (11/9).

Erick membandingkan, bahwa rasio kesembuhan covid-19 di Indonesia lebih baik dibandingkam dengan Amerika Serikat. Rasio kesembuhan Indonesia dan AS berbanding 71,19% dan 58,72%.

Namun, disatu sisi Erick mengakut kasus kematian atau fatality rate di Indonesia tinggi belakangan ini.

"Fatality rate kita masih tinggi sehingga penekanan kematian (covid-19) ini jadi penting. Ini tidak mungkin sukses kalau enggak dilakukan bersama-sama denga pemerintah dan rakyat," jelas Menteri BUMN itu.

Data Kementerian Kesehatan juga mencatat penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 per hari ini Jumat (11/9) totalnya menjadi 210.940 .

Untuk pasien Covid-19 yang sembuh di Indonesia total 150.217 orang, sedangkan kasus meninggal menjadi 8.544 .

Baca juga: Gelar Perkara dengan KPK, Kejagung Tak Bahas Keterlibatan Hakim MA

Disatu sisi, Erick juga berkeyakinan seiring adanya upaya peningkatan kesehatan untuk menekan laju kasus Covid-19, pertumbuhan ekonomi bisa naik.

"Banyak riset dari 500 perusahaan besar dunia menyatakan bahwa ekonomi bisa kembali dalam dikuartal kedua di 2022. Memang ini marathon yang perlu kesabaran, stamina dan kebersamaan," pungkas Erick. (OL-6)

BERITA TERKAIT