11 September 2020, 09:08 WIB

Trump Bantah Berbohong Soal Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Kamis (10/9), bersikeras dirinya tidak berbohong kepada warga 'Negeri Paman Sam' itu mengenai bahaya covid-19 setelah buku terbaru karya Bob Woodward mengungkapkan Trump sengaja meremehkan bahaya pandemi itu.

Rekaman wawancara Trump dengan Woodward menunjukkan Presiden AS itu dengan sengaja mengecilkan bahaya pandemi covid-19 meski dirinya menyadari bahaya yang dibawa virus korona tersebut.

Ketika ditanya wartawan dalam konferensi pers di Gedung Putih, "Mengapa Anda berbohong kepada warga AS?" Trump menjawab, "Saya tidak pernah berbohong."

Baca juga: Trump Akui soal Covid-19

Presiden petahana yang tengah tertinggal dalam jajak pendapat melawan kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden bersikeras dirinya sengaja memperkecil bahaya dari covid-19 untuk tidak menimbulkan kepanikan.

"Saya rasa kita melakukan kerja yang apik," ujar Trump. "Saya rasa saya tidak perlu meloncat-loncat dan berteriak, 'Mati! Mati!'."

Trump terpaksa harus membela diri setelah cuplikan rekaman wawancara Woodward untuk buku Rage dirilis pada Rabu (9/9).

Cuplikan pernyataan Trump yang mengakui dirinya dengan sengaja mengecilkan ancaman covid-19 adalah yang paling menarik perhatian.

Trump beralasan dirinya melakukan hal itu agar tidak terjadi kepanikan.

"Dia mengetahui betapa mematikannya covid-19. Namun, dia berbohong kepada warga AS," kecam Biden. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT