11 September 2020, 08:48 WIB

Kasus Covid-19 di Amerika Latin Tembus Angka 8 juta


Basuki Eka Purnama | Internasional

KASUS covid-19 di Amerika Latin, kawasan dengan infeksi tertinggi di dunia, menyentuh angka 8 juta, Kamis (10/9), meski ada indikasi penyebaran virus itu kini melandai di sejumlah negara.

Selama sepekan terakhir, rata-rata kasus harian di kawasan tersebut turun menjadi 67.173 hingga Rabu (9/9) dibandingkan 80.512 kasus pada pekan sebelumnya, berdasarkan data pemerintah.

Brasil, yang mengalami wabah terparah di kawasan tersebut, masih berada di urutan teratas di Amerika Latin untuk kasus dan kematian akibat covid-19, dengan total 4,2 juta infeksi dan 128 ribu lebih kematian.

Baca juga: AstraZeneca Optimistis Ada Vaksin Covid-19 Tahun Ini

Akan tetapi, pejabat Brasil mencatat penurunan infeksi dalam beberapa hari belakangan.

Pada Kamis (10/9), Brasil melaporkan 40.557 kasus baru, sehingga jumlah kasus di Amerika Latin menyentuh angka 8 juta.

Penurunan rata-rata kasus covid-19 juga terjadi di Peru, Kolombia, dan Meksiko, negara-negara dengan kasus tertinggi setelah Brasil.

Lebih dari 900 ribu orang di seluruh dunia meninggal karena covid-19, dengan Amerika Serikat, Brasil, India, serta Meksiko mencatat kematian terbanyak.

Tidak sedikit pemimpin Amerika Latin kini berjuang meminimalisasi dampak ekonomi akibat pandemi yang telah memicu kemerosotan finansial terbesar di banyak negara.

Sektor pariwisata kawasan itu diperkirakan merugi sekitar US$230 miliar (sekitar Rp3.461 triliun) tahun ini sebagai imbas dari penutupan perbatasan dan penurunan tajam perjalanan internasional. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT