11 September 2020, 07:01 WIB

Pengusaha Gadungan Tipu Bank Rp1,57 M


Medcom/J-2 | Megapolitan

DIREKTUR utama gadungan di suatu perusahaan menipu bank swasta nasional di Indonesia. Pelaku meminta pihak bank memindahkan deposito perusahaan ke rekening pribadi dengan total senilai Rp1,57 miliar. “Mereka menipu bank menggunakan telepon,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dimintai konfi rmasi, kemarin.

Ia mengatakan salah seorang dari empat pelaku menyamar sebagai Direktur Utama PT CWI dan PT TI. Sebelum menelepon pihak bank untuk memindahkan deposito perusahaan ke rekening pribadi, komplotan ini terlebih dahulu menyiapkan surat- surat palsu dengan kop dan stempel perusahaan. Para pelaku juga telah meriset terhadap kedua perusahaan tersebut.

Kedua perusahaan itu menjadi target karena menyediakan informasi lengkap di internet, mulai dari struktur kepemimpinan hingga laporan keuangan. Alhasil, PT CWI dan PT TI mengalami kerugian Rp1,57 miliar. “Polisi tengah memburu satu tersangka berinisial A yang merupakan penadah dari uang kedua perusahaan itu. Adapun empat tersangka lain telah ditahan,” kata Yusri. (Medcom/J-2)

BERITA TERKAIT