11 September 2020, 06:56 WIB

Pekan Depan Ganjil-Genap Ditiadakan


Faj/J-2 | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pembatasan kendaraan berdasarkan pelat nomor ganjil-genap (gage) ditiadakan mulai Senin (14/9). Hal itu sebagai bagian dari pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total yang juga dimulai pada tanggal tersebut. “Ganjil-genap akan ditiadakan mulai 14 September,” kata Anies, kemarin.

Selain itu Anies mengatakan pada PSBB total juga akan dilakukan pembatasan jumlah kendaraan umum dan jumlah penumpang per kendaraan. Namun, hal itu perlu pembahasan lebih lanjut. “Lalu lintas akan ada pembatasan jumlah kendaraan umum dan jumlah penumpang per kendaraan. Jadi, itu sebagian dari kebijakan. Nanti detailnya,” kata Anies.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI sebelumnya meniadakan kebijakan tersebut pada saat PSBB awal pandemi covid-19 hingga masa PSBB transisi. Pada PSBB awal pandemi, kendaraan roda empat bebas melaju. Namun, pengendara yang melanggar aturan lalu lintas lainnya tetap ditindak.

Penindakan juga berlaku pada pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm, memasuki jalur Trans-Jakarta, melanggar marka jalan, dan menerobos lampu merah. (Faj/J-2)

BERITA TERKAIT