11 September 2020, 04:05 WIB

BTN dan Sikasep Permudah Akses MBR


Media Indonesia | Ekonomi

PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk menghubungkan sistem e-loan yang dimilikinya dengan platform Sikasep milik PPDPP yang merupakan sistem big data ketersediaan properti bersubsidi dan sekaligus aplikasi verifikasi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang berhak mendapatkan fasilitas subsidi perumahan.

Dengan demikian, proses pengajuan kredit dan pencarian rumah serta verifi kasi nasa bah dapat lebih mudah dan cepat.

“BTN dan PPDPP meluncurkan sistem terintegrasi atau host to host onboarding e-loan dan Sikasep PPDPP. Jadi, MBR yang mengajukan KPR bersubsidi dapat mendaftar Sikasep menggunakan sistem e-loan BTN dengan bantuan petugas bank dari tahapan pendaftaran hingga pemilihan unit rumah idaman,” kata Direktur Consumer & Commercial Lending Bank BTN Hirwandi Gafar saat launching di Tangerang, kemarin.

Sebelum adanya sinkronisasi oleh BTN, proses pendaftaran Sikasep oleh MBR hanya dapat dilakukan pada aplikasi mobile Sikasep di ponsel. Namun, banyak MBR yang terkendala perangkat, jaringan, dan masalah lainnya sehingga proses pendaftaran menjadi terhambat.

Selain itu, kendala lainnya petugas bank juga harus melakukan penginputan ulang data yang sebelumnya telah diinput MBR di aplikasi Sikasep sehingga menyebabkan proses pelayanan menjadi tidak efisien.

“Proses pengajuan KPR subsidi semakin cepat dan yang utama dengan mendaftar menggunakan e-loan, calon debitur dapat langsung memilih BTN sebagai bank penyalur KPR bersubsidi sehingga dengan adanya host to host ini pangsa pasar BTN akan semakin besar,” katanya.

Hingga awal September 2020, BTN telah memproses lebih dari 114.000 pengajuan KPR bersubsidi yang telah lolos tahapan uji awal di Sikasep. Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasi PPDPP Martanto Boedi Joewono dalam sambutannya mengapresiasi keberhasilan BTN dalam melakukan penyelarasan antara e-loan dan Sikasep.

“Ada 3 manfaat dari pengembangam fitur Sikasep untuk calon debitur, yaitu kemudahan pendaftaran, percepatan pe la - yanan dan penyaluran prog ram KPR subsidi, dan ter akhir mempersingkat transaksi,” katanya.

Martanto berharap host to host onboarding e-loan BTN dan Sikasep PPDPP dapat meningkatkan pencapaian target realisasi penyaluran dana KPR subsidi. (RO/E-1)

BERITA TERKAIT