11 September 2020, 00:36 WIB

Tak hanya di Toko Fisik, Sepeda Juga Diburu di Kanal E-Commerce


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

MINAT masyarakat untuk berolahraga di tengah pandemi Covid-19 agar mendapatkan imunitas tubuh melawan virus tersebut terlihat tinggi. Salah satu olahraga yang sedang naik daun ialah bersepeda.

Tak jarang ditemukan toko sepeda dibanjiri oleh pengunjung atau bahkan stok sepeda tipe tertentu sudah habis tak bersisa di tioko sepeda. Namun, sepeda ternyata tidak hanya diburu di toko fisik, di platform perdagangan elektronik (e-commerce), sepeda pun laris terjual.

Hal itu setidaknya diungkap Tokopedia yang menyebut penjualan sepeda di platformnya naik 5 kali lipat selama pandemi, dibandingkan dengan masa sebelum pandemi.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya bahkan menyebutkan, antusiasme masyarakat terhadap sepeda buatan pegiat usaha lokal pun juga sangat tinggi.

Baca juga : Kursus Masak Online Ini Hasilkan Ribuan UKM di Masa Pandemi

"Contohnya, sebanyak 200 unit sepeda lipat merek lokal Element Indonesia terjual habis hanya dalam 40 detik lewat peluncuran eksklusif di Tokopedia sehingga berhasil memecahkan rekor MURI untuk penjualan sepeda lipat terbanyak dalam waktu satu menit," katanya dalam keterangan tertulis.

Ekhel menambahkan, bukan hanya sepeda, peningkatan transaksi pada peralatan olahraga di platform Tokopedia selama pandemi menunjukkan grafik yang melonjak tajam. Selain sepeda, peralatan olahraga lain yang diburu ialah yoga dan pilates, sepatu roda, skateboard, golf, serta tenis meja.

“Kegiatan berolahraga menjadi salah satu aktivitas yang sangat digemari oleh masyarakat selama pandemi. Hal ini ditunjukkan dari data internal Tokopedia yang mencatatkan adanya peningkatan transaksi pada kategori Olahraga menjadi hampir 3 kali lipat pada bulan Agustus 2020 jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi," ujar Ekhel.

Meski demikian, Ekhel mengingatkan, dalam melakukan berbagai aktivitas olahraga selama pandemi, masyarakat harus selalu mematuhi protokol kesehatan berupa jaga jarak, tidak berkerumun, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT