10 September 2020, 22:24 WIB

Antisipasi Klaster Pilkada, Polda Sulteng Kampanyekan Pakai Masker


M Taufan SP Bustan | Nusantara

TAHAPAN pilkada serentak 2020 telah dimulai. Untuk mencegah kluster baru penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan pilkada, Polda Sulteng telah mengkampanyekan pemakaian masker.

Kapolda Sulteng Irjen Abdul Rakhman Baso mengatakan kampanye ini merupakan gerakan nasional pembagian masker bagi masyarakat guna mengingatkan pentingnya penggunaan masker ditengah pandemi sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas beberapa waktu lalu.  

"Presiden menginstruksikan agar fokus mengkampanyekan penerapan protokol kesehatan dan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan penggunaan masker," terangnya seusai memimpin apel pemakaian masker di Palu, Kamis (10/9).  

Pilkada serentak 2020 ini pelaksanaannya dilakukan pada masa pandemi Covid-19. Hal ini membuat adanya aturan-aturan atau tahapan-tahapan yang berorientasi pada keselamatan dari potensi penularan virus tersebut.  

Menurut Kapolda, dalam kegiatan pengamanannya, tentu Polda Sulteng, akan menyesuaikan dengan protokol kesehatan. "Yang pasti  kita akan mengamankan secara maksimal pada setiap tahapan-tahapan di KPUD kota, kabupaten, hingga provinsi," tegasnya.

Kapolda berharap para peserta yang turut berkontestasi pada Pilkada tahun ini bisa berpikir dewasa.  

"Saya yakin dan percaya bahwa saudara-saudara akan selalu mengikuti aturan serta selalu mengedepankan keamanan bagi seluruh masyarakat, karena keamanan adalah hal paling terpenting dalam kontestasi Pilkada serentak ini," imbuhnya.  

Sementara itu, Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol Didik Supranoto menambahkan, dalam kampanye pemakaian masker serentak ini, Polda Sulteng dan jajaran Polres membagikan masker kepada masyarakat sebanyak 400 ribu lembar. "Diharapkan masyarakat dan peserta Pilkada serentak 2020 tetap mematuhi protokol kesehatan di setiap tahapan Pilkada," tandasnya. (R-1)  

 

BERITA TERKAIT